Wapres: Pendidikan Harus Kolaborasikan Skill dan Inovasi

Wapres Pendidikan Harus Kolaborasikan Skill dan Inovasi

Wapres: Pendidikan Harus Kolaborasikan Skill dan Inovasi

Wapres Pendidikan Harus Kolaborasikan Skill dan Inovasi
Wapres Pendidikan Harus Kolaborasikan Skill dan Inovasi

Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta sistem pendidikan lebih diperhatikan.

Menurutnya, ada 2 sistem besar pendidikan yakni ’liberal education’ dan ’skil base education’. Liberal education menekankan pada pengembangan logika dan inovasi sedangkan skill base education fokus pada pendidikan vokasi yang mengarah pada kompetensi teknis.

Ia melanjutkan, ”Amerika menggunakan sistem liberal education sehingga sangat maju inovasinya di dunia,

sedangkan sistem skill base education banyak diterapkan negara-negara Jerman, China dan Korea.” ”Sejarah pendidikan Indonesia memiliki perkembangan menarik, maka sistem dipakai adalah keduanya. Inovasi dan skill. Keduanya-duanya penting,” jelas Wapres . ”Yang dibutuhkan masa depan adalah inovasi dan skill,” tegasnya.

Guru penopang pendidikan Lebih lanjut, Jusuf Kalla mengatakan ada 4 unsur

yang dapat memajukan pendidikan yakni; guru, sistem atau kurikulum, sarana atau infrasutruktur dan lingkungan atau budaya. ”Guru menjadi penopang pendidikan. Inti dari kemajuan adalah pendidikan dan inti dari pendidikan adalah guru, maka pendidikan guru menjadi hal yang penting,” ujarnya.

Wapres JK menambahkan kesejahteraan dan kemajuan kualitas guru pun perlu diperhatikan demi kemajuan bangsa. ”Saat ini pemerintah sudah memberi kesejahteraan yang lebih baik kepada guru dibandingkan masa-masa yang lalu. Peningkatan tunjangan dan kesejahteraan itulah yang membuat minat terhadap pendidikan keguruan dan profesi guru semakin meningkat,” imbuh Wapres JK.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/SXK9P25