TUJUAN PIDATO & SISTEMATIKA NASKAH PIDATO

TUJUAN PIDATO & SISTEMATIKA NASKAH PIDATO

TUJUAN PIDATO & SISTEMATIKA NASKAH PIDATO

 

TUJUAN PIDATO & SISTEMATIKA NASKAH PIDATO
TUJUAN PIDATO & SISTEMATIKA NASKAH PIDATO

TUJUAN PIDATO

Ada beberapa macam tujuan pidato, yaitu :
1. Informatif / instruktif
Pidato informatif bertujuan untuk menyampaikan informasi / keterangan kepada pendengar. Topik yang tepat antara lain : cara bertanam secara hidroponik.
2. Persuasif
Pidato persuasif bertujuan ingin mengajak / membujuk kepada pendengar. Contohnya adalah pidato kampanye dan pidato keagamaan. Topik yang tepat antara lain :
· Toleransi beragama kunci persatuan nasional.
· Menabung untuk masa depan.
3. Argumentatif
Pidato argumentatif bertujuan ingin meyakinkan pendengar. Topik yang tepat antara lain :
· Pentingnya perkembangan pariwisata.
· Pupuk buatan meningkatkan pendapatan petani.
4. Deskriptif
Pidato deskriptif bertujuan ingin melukiskan / menggambarkan suatu keadaan. Tema yang tepat antara lain :
ü Suasana peringatan sumpah pemuda
5. Rekreatif
Pidato rekreatif bertujuan ingin menggembirakan / menghibur pendengar. Biasanya terdapat dalam jamuan-jamuan, pesta-pesta, perayaan-perayaan.

Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/mukadimah/

SISTEMATIKA NASKAH PIDATO

Pengembangan teks pidato dilakukan dengan menguraikan pokok-pokok masalah pada kerangka karangan menjadi kalimat-kalimat ke paragraf-paragraf. Teks pidato pun disusun dengan memerhatikan kaidah penulisan, penggunaan tanda baca, dan pilihan kata. Namun, sebelum mengembangkan kerangka naskah pidato, sebaiknya orang yang akan berpidato menentukan tujuan berpidato dan menganalisis pendengar agar pidato yang disampaikan menjadi efektif dan efisien.
a. Menentukan tujuan berpidato
Tujuan berpidato sangat penting dalam menyusun teks pidato agar pidato yang disampaikan nantinya dapat berguna bagi pendengar. Pada uraian sebelumnya telah dibahas mengenai tujuan berpidato, yaitu menyampaikan informasi, membujuk/mempengaruhi pikiran pendengar, dan untuk menghibur pendengar. Ketiga tujuan ini saling berkaitan, tetapi penulis teks pidato dapat menitikberatkannya pada satu tujuan yang ingin dicapai.
b. Menganalisis Pendengar
Menganalisis pendengar pun sesuatu hal yang penting dalam menyusun teks pidato. Menganalisis pendengar ini didasarkan pada tingkat usia pendengar, pendidikannya, dan pekerjaan pendengar. Hal ini sangat dibutuhkan dan berkaitan dengan bahasa yang digunakan dalam teks pidato agar pesan dalam pidato dapat diterima dengan mudah sesuai dengan tingkat usia, pendidikan, dan pendengarnya.