Tujuan dan Manfaat Pegadaian

Tujuan dan Manfaat Pegadaian

Sifat usaha pegadaian pada prinsipnya menyediakan pelayanan bagi kemanfaatan masyarakat umum dan sekaligus menumpuk keuntungan berdasarkan prinsip pengolahan yang baik.sifat yang lain adalah memberikan pinjaman untuk jangka waktu pendek, yaitu berkisar antara 3-6 bulan dalam jumlah yang relatif kecil. Pinjaman jangka menengah dan panjang tidak diberikan pegadaian. Oleh karena itu, perum pegadaian bertujuan sebagai berikut :

  1. Turut melaksanakan dan menunjang pelaksanaan kebijaksanaan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya melalui penyaluran uang pembiayaan/pinjaman atasatasa dasar hukum gadai.
  2. Pencegahan praktik ijon, pegadaian gelap, dan pinjaman tidak wajar lainnya. Agar tercapai yang mejadi tujuannya, pegadaian perlu melakukan upaya strategis yaitu :

1)     Melakukan penelitian melalui lembaga keuangan (formal atau informal) yang melakukan praktik pelepasan uang, mempunyai tuan dan misi yang sama dengan pegadaian. Hal ini melkukan operasinya. Cara ini membutuhkan sumber daya dan waktu yang cukup besar dan lama, namun pemberian cakrawala tentang aktivitas pelepasn uang dan menjadi dasar pemirikan dalam menyusun strategi selanjutnya.

2)     Reorentasi pasar. Dalam mengembangkan sayap usahanya perlu melakukan reorentasi pasar, karena pegadaian berkonsentrasi pada daerah perkotaan. Namundalam perwujudannya, tetap berpegang pada prinsip efisiensi. Artinya tidak harus membangun kantor secara fisik, tetapi bekerja sama dengan perusahaan yang bergerak dibidang gedung perkantoran. Dengan demikian waktu dan dana yang dibutuhkan untuk merealisasikan relatif cepat dan kecil.

  1. Pemanfaatan gadai bebas bunga gadai pada gadai syariah memiliki efek jaringan pengaman sosial karena masyarakat yang butuh dana mendesak tidak lagi dijerat pinjaman/pembiayaan berbasis bunga.
  2. Membantu orang-orang yang membutuhkan pinjaman dengan syarat mudah.

Adapun manfaat pegadaian :

Bagi nasabah ; tersedianya dana dengan prosedur yang relatif lebih sederhana dan dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan pembiyaan/kredit perbankkan. Disamping itu nasabah juga mendapat manfaat penaksiran nilai suatu barang bergerak secara profesional. Mendapatkan fasilitas penitipan barang bergerak yang aman dan dapt dipercaya.

sumber :

Pos-pos Terbaru