Tips Perawatan Tanaman Anggur

Tips Perawatan Tanaman Anggur

Tips Perawatan Tanaman Anggur

Tips Perawatan Tanaman Anggur
Tips Perawatan Tanaman Anggur

Tanaman buah anggur ini telah di budidayakan semenjak tahun (4000 SM) Di timur tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur tersebut menjadi minimum anggur baru di temukan pada tahunn (2500 SM) oleh bangsa mesir. Dan hanya beberapa waktu berselang. Proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia. Yang mulai dari daerah di laut hitam, Spanyol, Jerman, Prancis dan Austria. Penyebaran buah anggur ini berkembang semakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.

Perawatan Tanaman

Perawatan tanaman yang di lakukan pada tanaman anggur yang ada di dalam Pot sama juga halnya seperti perawatan anggur yang di tanam di kebun. Namun perwatan tidak sesulit yang di lakukan di daerah kebun. Nah di bawah ini, Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam merawat tanaman anggur dalam Pot tersebut, Antara lain seperti berikut di baah ini :

Penyiraman

Untuk melakukan penyiraman tanaman anggur di dalam Pot di lakukan setiap harinya, Dan di waktu Sore hari, Kemudian pada waktu penyiraman haruslah berhati-hati supaya percikan air tidak merusak media tanam yang berupa pasir dan pupuk kandang yang mudah bergerak apabila terkena Air, Dan jangan sampai merubah posisi akar.

Pemberian Ajir

Pemberian ajir pada tanaman anggur sangatlah penting, Agar bibit anggur tumbuh Lurus, Ajir bisa berupa kayu atau bilah Bambo setebal 1,5 cm dengan panjang 1 Meter. Ajir ini hanya berfungsi sebagai penyangga bibit sampai datang waktu pemangkasan Pertama.

Pada awal penanaman

Bibit anggur di ikat longgar dengan ajir, Dalam pertumbuhanya tanaman anggur dengan sendirinya akan tumbuh memanjat dengan bantuan sulur. Dan untuk memperoleh cabang yang menarik, Pohon anggur haruslah di beri penopang yang berfungsi sebagai panjatan. Panjatan ini di tanam di dalam Pot, Yang berupa bilah bambu setebal 2 cm dengn panjang 1, 5 m yang berupa lilitan Kawat.

Satu Pot di beri 4 bilahan bambu yang di tancapkan di pinggir Pot

Penopng bambu ini akan menjadikan tanaman anggur di dalam Pot bisa di lihat dari berbagai arah. Dan bentuk percambahanya pun bisa diatur sehingga dapat berbentuk bulat seperti Bola, Slinder, Paying dan sebagainya.

Pemupukan tanaman anggur yang baru di tanam dalam Pot dapat di beri pupuk Urea

Dosis yang di berikan cukup 1 sendok makan. Kemudian pupuk tersebut di berikan pada setiap 2 minggu sekali sampai tanaman berumur tiga bulan. Setelah tanaman anggur berumur 3 bulan, pupuk yang di berikan di perbanyak menjadi 2 sendok makan, Dan pupuk di berikan (Sebulan sekali).

 

Sumber: https://www.bertani.co.id