Tips Merawat Layar Monitor Laptop

Tips Merawat Layar Monitor Laptop

Tips Merawat Layar Monitor Laptop

Tips Merawat Layar Monitor Laptop
Tips Merawat Layar Monitor Laptop

Laptop tentu sudah menjadi barang yang tidak dipisahkan dari kehidupan

Sehari hari terutama untuk kamu yang bekerja kantoran. Karena tingkat penggunaannya yang tinggi tentu laptop harus dirawat, salah satu bagian laptop yang harus kamu perhatikan adalah layar monitor laptop kamu.

Layar laptop tentu bukan hanya sekadar penting, peranannya menjadi vital di laptop kamu karena tanpa layar monitor tentu kamu tidak bisa melihat apa apa di laptopmu bukan? Selain itu, layar monitor laptop termasuk komponen yang paling mahal harganya apabila terjadi kerusakan. Nah supaya nggak rusak, yuk simak bagaimana merawat layar monitor laptopmu supaya tetap awet!

 

  • JANGAN TARUH BEBAN BERAT DIATASNYA

Jangan sekali kali menaruh beban berat diatas monitor laptop kamu. Ini akan menyebabkan layar monitor tertekan dan berpotensi pecah / bocor. Begitu pecah, maka tak ada jalan lain untuk memperbaikinya selain diganti, dan harga layar monitor ini bisa berkisar dari 1.5 juta sampai 5 jutaan loh gengs. Malas banget kan?

 

  • ATUR KECERAHAN LAYAR MONITOR DI TITIK SEDANG

Untuk merawat LCD atau LED didalam layar monitor laptop kamu, sebaiknya atur pencahayaannya di titik sedang saja. Jangan setel terlalu terang, selain tidak bagus untuk kesehatan mata, setelan yang terlalu terang akan memperpendek umur layar monitor laptopmu loh!

 

  • BERSIHKAN SECARA BERKALA

Karena portabilitasnya yang bisa dibawa kemana mana, tak jarang layar monitor laptop menjadi kotor karena ruangan yang berdebu ataupun terkena bercak jari, minuman, saus dan sebagainya. Bersihkan layar laptop dengan kain microfiber lembut dan cairan pembersih monitor khusus secara berkala selama 2 -3 bulan sekali untuk menjaga layar laptopmu tetap bersih dan prima.

 

  • ATUR WAKTU PENGGUNAAN

Batasi waktu penggunaan laptop dengan waktu tertentu misalkan 4 – 5 jam sekali. Apabila tidak dipakai, matikan layar laptop dan tutup dengan hati hati. Jangan biarkan laptop kamu selalu dalam keadaan menyala karena selain akan memperpendek umur komponen laptop lainnya juga bisa memicu munculnya dead pixel pada layar laptop kamu.

 

  • PERLAKUKAN DENGAN LEMBUT

Komponen layar laptop merupakan salah satu komponen yang sensitif dan mudah rusak. Perlakukanlah laptop kamu dengan lembut, jangan ditutup secara kasar atau dibawa secara serampangan karena akan membuat layar laptop kamu menjadi pecah . rusak.

Nah, mudah kan merawat layar monitor laptop kamu? Lebih baik mencegah daripada harus keluar uang banyak untuk mengganti layar laptop kamu bukan.

Bagaimana menurut Sobat

Baca Juga :