Teori konvergensi

Teori konvergensi

Teori ini penganjur utamanya adalah Williams Stern. ungkapkan bahwa perkembangan jiwa anak libih banyak ditentukan oleh dua factor yang saling menopang, yakni factor bakat dan factor pengaruh lingkungan, keduanya tidak dapat dipisahkan seola-olah memadu, bertemu dalam satu titik. Munawar sholeh (2005: 20-23).

  1. Teori rekapitulasi

Rekapitulasi berarti ulangan, yang dimaksudkan disini d\adalah bahwa perkembangan jiwa anak adalah merupakan hasil ulangan dari perkembangan seluruh jenis manusia. Pernyataan terkenal dari teori ini adalah Anogenesa Recapitulatie Philogenesa (perkembangan satu jenis makhluk adalah mengulangi perkembangan seluruhnya).

  1. Teori kemungkinan berkembang

Teori ini berlandaskan alasan-alasan:

  1. Anak adalah makhluk manusia yang hidup.
  2. Waktu dilahirkan anak dalam kondisi tidak berdaya, sehingga ia membutuhkan perlindungan.
  3. Dalam perkembangan anak melakukan kegiatan yang bersifat pasif dan aktif.

Yang menyampaikan teori ini adalah Dr. M.J Langeveld salah seorang ilmuan dari belanda.

  1. Teori psikoanalisis

Teori Psikoanalitis dari Freud menekankan pentingnya pengalaman masa kanak-kanak awal dan motivasi dibawah sadar dalam mempengaruhi perilaku. Freud berpikir bahwa dorongan seks dan instink dan dorongan agresif adalah penentu utama dari perilaku, atau bahwa orang bekerja menurut prinsip kesenangan. Teorinya menyatakan bahwa kepribadian tersusun dari tiga komponen, yaitu: id, ego dan superego.

 Id, merupakan aspek biologis kepribadian karena berisikan unsur-unsur bilogis, termasuk di dalamnya dorongan-dorongan dan impuls-impuls instinktif yang lebih dasar.  Ego,merupakan aspek psikologis kepribadian karena timbul dari kebutuhan organisme untuk berhubungan secara baik dengan dunia nyata dan menjadi perantara antara kebutuhan instinktif organisme dengan keadaan lingkungan. Superego, adalah aspek sosiologis kepribadian karena merupakan wakil nilai-niali tradisional dan cita-cita masyarakat sebagaimana ditafsirkan orangtua kepada anak-anaknya melalui berbagai perintah dan larangan. Perhatian utama superego adalah memutuskan apakah sesuatu itu benar atau salah, sehingga ia dapat bertindak sesuai dengan norma-norma moral yang diakui oleh masyarakat.

sumber :
https://www.prayasone.org/speech-to-text-translator-apk/