Teknik Merawat Printer

Teknik Merawat Printer

Teknik Merawat Printer

Teknik Merawat Printer
Teknik Merawat Printer

Teknik Merawat Printer

Printer-printer di generasi baru sekarang ini semakin pintar. Kemampuannya merawat diri pun semakin bagus. Namun bukan berarti kita sama sekali tidak perlu merawatnya, tentunya anda tidak ingin dana yang dikeluarkan menjadi sia-sia, karena barang semahal dan sebaik apapun kinerjanya tetap memerlukan perawatan yang continue.

Sering Digunakan

Untuk membuat printer anda awet ada satu langkah yang mungkin tanpa anda sadari sudah anda lakukan, yaitu menggunakannya secara teratur setiap hari. Banyak orang, utamanya karena kebutuhan cetaknya yang tidak banyak dan takut membayar harga tinta yang memang mahal, membiarkan printernya lama tanpa digunakan. Printer bukanlah penghias di samping computer anda, tetapi barang yang harus digunakan secara teratur, menggunakan printer secara teratur akan membuatnya bekerja secara konsisten dan menghindarkannya dari masalah.

Membersihkan Permukaan

           Selain menggunakannya secara teratur, printer akan semakin awet, dan tampak bagus jika rajin dibersihkan. Pembersihan secara teratur akan memperbaiki penampilannya sekaligus mencegah timbulnya masalah. Untuk membersihkan permukaan printer, biasakan diri anda membersihkan bagian permukaan luar printer kapanpun adna mengganti catridge tinta. Untuk pekerjaan ini, gunakan kain berbahan lembut (berbahan kaus atau seperti kain untuk membersihkan kacamata), dan usahakan supaya tidak menyebabkan peningkatan kelembapan di bagian dalam printer.

Membersihkan secara manual

Untuk membersihkan head pada cartridge secara manual. Anda harus melepaskannya dari tempatnya di dalam printer. Caranya berbeda-beda tergantung printernya. Untuk Printer HP, misalnya hidupkan printer dan buka penutup printer, lalu secara otomatis cartridge tinta bergerak ke tengah. Sebelum melepaskan cartridge, pastikan printer telah dimatikan dengan mencabut kabel listrik dari colokannya.

Lepaskan cartridge dengan hati-hati lalu letakkan di atas meja. Gunakan cotton bud, jangan gunakan alcohol, lalu bersihkan head dengan cotton bud tersebut. Proses pembersihan dengan cotton bud harus dilakukan dengan perlahan. Jangan menyapukan cotton bud ke pelat nozzle. Perhatikan jika ada kotoran yang tertinggal di pelat nozzle dan bagian cartridge lainnya. Proses pembersihannya sama seperti sebelumnya. Untuk head cartridge berwarna, gunakan hanya satu cotton bud untuk satu warna untuk menghindari transfer kotoran. Setelah selesai pasang lagi cartridge ke tempatnya di printer.

Jika masih belum mantap, siapkan air panas sekitar tigaperempat gelas bening/plastic (bisa diambil dari dispenser) lalu tempelkan bagian nozzle – hanya bagian ini saja, bukan semua tubuh cartridge kepermukaan air selama sekitar 5 menit. Anda akan melihat tinta mulai keluar ke air. Jangan takut, tinta anda tidak akan habis. Ketika aliran tinta ke air sudah mulai lancar bisa dipastikan nozzle/head juga sudah cukup bersih. Setelah itu angkat cartridge, dan keringkan menggunakan cotton bud atau kain halus.

Di samping menjaga kebersihan head, yang juga perlu dijaga adalah jangan sampai tinta benar-benar habis. Ketika cartridge kehabisan tinta, resistor pada head bisa terbakar. Sebagian besar printer akan mengingatkan penggunanya ketika cartridge akan kehabisan tinta.

Matikan ketika tidak digunakan

Untuk membersihkan bagian dalam printer, gunakan kuas kecil dan penyedot debu portable untuk membersihkan debu di bagian dalam printer. Ingat, residu tinta yang ada tidak perlu dibersihkan. Residu ini tidak akan mengganggu. Bahkan jika anda coba membersihkannya, apalagi menggunakan bahan seperti alcohol, bisa merusak printer anda.

 Jangan lupa menggunakan pelumas yang ada pada batang metal yang menjadi rel tinta.
Di bagian dalam printer, salah satu yang kadang-kadang perlu dibersihkan adalah catridge tinta. Membersihkan bagian ini cukup penting dilakukan jika anda menemukan kualitas cetak yang bergaris-garis tanpa warna, atau ada kesan kelebihan tinta di bagian tertentu.

Baca Juga :