Teknik Budidaya Ikan Oscar Albino

Teknik Budidaya Ikan Oscar Albino

Teknik Budidaya Ikan Oscar Albino

Teknik Budidaya Ikan Oscar Albino
Teknik Budidaya Ikan Oscar Albino

Apakah Anda tertarik untuk membudidayakan ikan oscar albino? Di habitat alaminya, ikan oscar hidup di sungai yang memiliki tingkat kesadahan relatif rendah dan bersifat asam. Namun demikian, ikan ini diketahui bisa menyesuaikan diri dengan banyak sekali kondisi perairan tawar. Itu sebabnya, pemeliharaan ikan oscar albino cukup mudah dilakukan.

Agar dapat tumbuh dengan baik, Anda bisa membudidayakan ikan oscar albino di air yang mempunyai suhu sekitar 26-30 derajat celsius. Ada baiknya di episode paling dasar akuarium diberikan lapisan berupa pasir yang cukup tebal dan beberapa kerikil yang berukuran besar.

Jika dipelihara dengan benar, rata-rata panjang badan ikan oscar albino dapat mencapai 30 cm. Keunggulan lain dari ikan ini yaitu doyan dengan hampir semua jenis makanan ikan. Apakah Anda tertarik untuk membudidayakan ikan oscar albino Simak Teknik Budidaya Ikan Oscar Albino.

Pemilihan Induk

Proses pemijahan bisa dilaksanakan kepada ikan oscar yang bagus dan telah berumur minimal 1,5 tahun dengan panjang badan mencapai 15 cm. Seperti halnya ikan discus, ikan ini akan mencari pasangannya sendiri. Kaprikornus seleksi terhadap ikan indukan sebaiknya dikerjakan semenjak ikan-ikan tersebut berusia 5-6 bulan.

Caranya mudah sekali. Anda hanya perlu memasukkan 10 ekor ikan oscar albino sekaligus ke dalam satu akuarium. Cepat atau lambat akan terlihat ikan oscar yang sudah menerima pasangannya.

Penentuan Jenis Kelamin

Jenis kelamin seekor ikan oscar relatif sulit dikenali. Pasalnya ikan jantan dan ikan betina mempunyai ciri-ciri fisik yang sangat mirip. Walaupun begitu, ada beberapa tanda-tanda umum yang masih bisa dikenali. Misalnya ikan jantan memiliki postur badan yang berbentuk memanjang. Berbeda dengan ikan betina yang bentuk postur tubuhnya yaitu membulat. Selain itu, perut ikan betina juga akan tampak lebih gendut apabila memasuki masa pemijahan.

Anda pun dapat mengetahui jenis kelamin seekor ikan oscar albino melalui bentuk organ genitalnya. Cobalah berikan makanan dalam jumlah yang cukup banyak kepada ikan tersebut. Dalam kondisi yang kenyang, perut ikan oscar akan menekan organ kelaminnya sehingga lebih gampang diamati.

Ikan jantan mempunyai organ kelamin yang berbentuk tabung berukuran sempit dan mengarah ke belakang. Sedangkan ikan betina dilengkapi dengan organ kelamin yang berbentuk lebar serta mengarah ke depan.

Pemijahan Ikan

ikan cupang – Rangkaian proses pemijahan ikan oscar albino seluruhnya dapat dilakukan di dalam bak semen yang berukuran 150 x 100 x 50 cm. Kemudian bak tersebut diisi dengan air bersih hingga ketinggiannya mencapai 30 cm. Selanjutnya masukkan beberapa kerikil yang berbentuk lempengan ke dalam bak sebagai daerah untuk melekatkan telur. Barulah setelahnya, pasangan ikan oscar indukan dipindahkan ke bak pemijahan ini.

Ciptakan suasana yang teduh di dalam bak pemijahan. Biasanya proses pemijahan akan berlangsung pada waktu sore hingga malam hari. Keesokan harinya, Anda bisa memeriksa apakah sudah ada telur-telur ikan yang menempel di permukaan batu. Jika iya, maka segeralah pindahkan bebatuan tersebut dengan hati-hati ke akuarium yang ditujukan khusus untuk penetasan.

Penetasan Telur

Proses penetasan telur ikan oscar dilaksanakan di akuarium yang berukuran 70 x 40 x 40 cm. Isilah akuarium tersebut memakai air hingga ketinggiannya kurang lebih 10 cm. Lengkapi pula akuarium ini menggunakan aerasi yang memiliki tekanan tidak terlalu kuat. Setelah itu, barulah bebatuan yang telah ditempeli telur ikan oscar albino dimasukkan ke akuarium. Dalam kurun waktu 3-4 hari, telur-telur ikan tersebut akan menetas.

Pemeliharaan Ikan

Anakan ikan oscar yang telah menetas tidak perlu diberikan makanan terlebih dahulu hingga usianya 4 hari. Hal ini dikarenakan anakan-anakan ikan tersebut sudah dibekali dengan cadangan makanan yang terdapat di kantung kuning telurnya. Memasuki usia ke-5 hari, Anda bisa menggunakan rotifera dan cyclops sebagai makanan utama burayak ikan oscar albino tersebut.

Berlanjut pada usia ke-10 hari, Anda boleh mengganti pakan menjadi kutu air saring. Kemudian pada usia ke-14 hari, berikanlah pakan berupa kutu air kepada burayak ikan oscar. Ikan-ikan oscar yang telah berusia ke-20 hari sudah dapat dikategorikan sebagai ikan remaja sehingga Anda bisa memberinya pakan cacing rambut untuk mempercepat pertumbuhannya.