Tegakan Disiplin dan Pembinaan Rutin di Sekolah

Tegakan Disiplin dan Pembinaan Rutin di Sekolah

Tegakan Disiplin dan Pembinaan Rutin di Sekolah

Tegakan Disiplin dan Pembinaan Rutin di Sekolah
Tegakan Disiplin dan Pembinaan Rutin di Sekolah

Penegakan disiplin dan pembinaan rutin di sekolah bagi siswa harus dilakukan secara maksimal.

Dua hal ini menjadi penting untuk mencegah siswa melakukan aksi persekusi, seperti yang dilakukan oleh salah satu siswa SMK di Kota Bekasi belum lama ini.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMK Bisnis dan Teknologi (Bistek) Bekasi Riyono mengatakan, penegakan disiplin di sekolah wajib dilakukan untuk mencegah aksi tersebut. Setiap hal yang kecil yang dilakukan oleh siswa seperti membolos, maupun datang terlambat, harus mendapatkan sanksi.

Pasalnya, hal kecil bila tak diberikan sanksi akan memicu melakukan hal besar.

”Sehebat apapun aturan yang ada jika tidak dijalankan akan percuma. Jadi hal-hal kecil harus sudah mulai disikapi agar mereka tidak melakukan hal-hal buruk yang lebih besar,” ujar Riyono, melalui pesan elektronik, Minggu (25/8).

Sekolah yang berlokasi di Jalan Cikunir Raya Jakamulya ini memberikan sanksi berupa bersih-bersih sekolah maupun membaca Alquran didepan kelas, bagi siswa yang terbukti melakukan pelanggaran kecil. Sementara bagi siswa yang terbukti melakukan tawuran atau aksi bullying, akan diberikan surat teguran kepada orang tua siswa.

”Semua dilakukan secara bertahap tahap, pertama kita berikan surat teguran orang tua, kemudian kami berikan surat perjanjian. Tetapi jika masih melakukan hal tersebut kami akan serahkan siswa tersebut kepada orang tuanya,” tukasnya.

Upaya pencegahan tindakan persekusi juga dilakukan oleh SMPN 9 Kota Bekasi.

Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SMPN 9 Kota Bekasi Yafitson Zein mengatakan, siswa harus memahami aturan sekolah agar tidak melakukan hal yang dilarang. Selain itu, pihak sekolah intensif melakukan pendekatan kepada siswa.

”Upaya-Upaya seperti itu terlihat simple, tapi jika benar-benar dilaksanakan akan membuahkan hasil yang baik bagi siswa,” ujarnya.

Sementara, Kepala SMAN 2 Kota Bekasi Ekowati mengatakan, sekolah melalui wali kelas setiap satu minggu sekali melakukan pembinaan terhadap murid sebagai upaya mencegah terjadinya perilaku yang tak diinginkan. Selain itu, memberikan wadah siswa melalui eksrakurikuler serta meningkatkan layanan guru BK untuk mengadakan bimbingan.

 

Sumber :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/