SMPN 19 Jambi Gelar Khatam Alqur’an

SMPN 19 Jambi Gelar Khatam Alqur'an

SMPN 19 Jambi Gelar Khatam Alqur’an

SMPN 19 Jambi Gelar Khatam Alqur'an
SMPN 19 Jambi Gelar Khatam Alqur’an

SMPN 19 Kota Jambi menggelar khataman Alqur’an pada Jum’at (23/3) lalu.

Kegiatan ini dalam upaya menumbuh kembangkan kompetensi inti yakni nilai-nilai spiritual serta menanamkan karakter religious pada siswa.

Kepala SMPN 19 Kota Jambi, Nanang Sunarya, MPd menuturkan, acara khataman Alqur’an ini merupakan output dari proses yang diakukan sebelumnya. Dimana melalui proses program pembinaan Alqur’an (Paparan) yang dilaksanakan setiap Sabtu setelah pembelajaran.

Siswa diseleksi dan dites bagaimana kemampuan membaca Alqur’annya. Termasuk berkaitan dengan kualitas bacaannya, mulai dari kemampuan pengucapan makhraj secara baik dan tajwid.

Selain diikuti oleh 30 siswa yang khatam Alqur’an, kegiatan ini juga diikuti oleh guru.

Dimana beberapa orang guru membaca Alqur’an dengan membagi per juz sehingga 30 juz itu dapat diselesaikan.

“Sehingga hari ini pun kebahagiaan khatam Alqur’an tidak hanya dirasakan siswa tetapi juga oleh para guru,” ungkap Nanang.

Selain itu, juga diberikan apresiasi kepada siswa dengan cara menyuapkan nasi tumpeng kepada siswa

yang melaksanakan khatam, juga kepada guru. Diberikannya piagam penghargaan yakni piagam lancar baca Alqur’an dari SMPN 19 Kota Jambi.

“Proses ini tentunya akan terus menjadi bagian dari kalender kegiatan SMPN 19. Semoga ini juga menjadi bagian dari syiar bahwa Alqur’an sebagai pedoman hidup dan kehidupan umat muslim. Harus dipelajari dan dipahami secara baik, sehingga nilai-nilai kandungannya dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

 

Baca Juga :