SISTEM FILSAFAT PANCASILA

SISTEM FILSAFAT PANCASILA

SISTEM FILSAFAT PANCASILA

SISTEM FILSAFAT PANCASILA

Susunan pancasila yang hierarkhis berbentuk

piramida merupakan gambaran hubungan hierarkhi sila-sila dari pancasila sesuai dengan urutan dan juga dalam hal sifat masing-masing yang dimiliki sila-sila tersebut. Pancasila merupakan suatu kesatuan keseluruhan yang bulat dan muthlak, apabila urutan itu dipandang tidak demikian maka mereka akan terpecah.

Pancasila dengan lima silanya pada hakikatnya merupakan sistem filsafat. Maksud dari sistem filsafat adalah suatu kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan, saling memiliki kerja sama untuk mendapatkan atau meraih tujuan tertentu dan secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan yang utuh. Sila-sila pancasila yang merupakan hakikat dasar adalah suatu kesatuan yang organis.

Antara sila satu dengan yang lainnya saling berkaitan, saling berhubungan dan bahkan saling mengkualifikasi. Dalam penjelasan yang lebih sederhana dapat dikatakan bahwa kelima pancasila sekaligus tersebut saling mempunyai berhubungan, saling melengkapi dan saling membuat masing-masing sila menjadi lebih mulia maknanya.

Dengan demikian maka pancasila pada dasarnya merupakan sistem filsafat, dalam artian bahwa bagian-bagian pancasila yang paling menonjol adalah sila-silanya saling berkaitan erat sehingga membentuk suatu struktur menyeluruh, dari struktur yang terbentuk itu munculah nilai-nilai kebijaksanaan dan cinta.


Sumber: https://mammoth.co.id/football-game-apk/