Siaran radio pendidikan

 Siaran radio pendidikan

 Siaran radio pendidikan

Radio merupakan media elektronik tertua, keunggulannya adalah portable artinya mudah dibawa atau diletakkan dimana saja. Secara umun radio dapat dipandang media komunikasi massa yang penerapanya melalui indra pendengaran.

Teknologi radio ternyata  tak mampu bertahan lama sebagaimana teknologi cetak karena Farnsworth kemudian pada tahun 1927 menemukan TV, maka dunia pencitraan materi mulai disempurnakan menjadi benar-benar sempurna[8].


  1. Siaran televisi pendidikan

TV merupakan media yang sangat ampuh dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat secara serempak.  Siaran TV memiliki potensi menyampaikan pesan-pesan pendidikan/pembelajaran. Artinya siaran TV merupakan salah satu bentuk sumber belajar dan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan.

  1. landasan teori komunikasi dalam teknologi pembelajaran

Salah satu unsur dalam proses komunikasi adalah media. Kata media berasal dari bahasa latin bentuk jamak dari kata medium, berarti perantara atau pengantar pesan dari si pengirim. Konsep media sebagai alat bantu pembelajaran mendapat teori ilmu komunikasi.

Fungsi media tidak lagi  hanya sekedar alat bantu guru, tetapi bergeser menjadi medium penyalur pesan/informasi dari pemberi pesan (guru, penulis, buku, produser, dan lain-nya)

[9]Media di golongkan 4 macam :

  1. media antar pribadi
  2. media kelompok
  3. media publik
  4. media massa
  1. Perkembangan Teknologi Komunikasi[10]

Menurut Rogers (1986) terdapat empat era (zaman) evolusi komunikasi manusia yaitu:
a. Era komunikasi tulisan (4000 SM s.d. sekarang)
b. Era Komunikasi cetak (1456 M s.d. sekarang)
c. Era Telekomunikasi (1844 M s.d. sekarang) dan
d. Era Komunikasi interaktif (1946 M s.d. sekarang)

 

Sumber :

https://callcenters.id/