Sejarah Mikrobiologi Secara Singkat

Sejarah Mikrobiologi Secara Singkat

Sejarah Mikrobiologi Secara Singkat

Sejarah Mikrobiologi Secara Singkat

Robert Hooke (1635-1703) adalah

seorang ahli matematika, sejarawan alam, dan ahli mikroskopi Inggris. Dalam bukunya yang terkenal, Micrographia (1665), Hooke mengilustrasikan struktur buah dari jenis jamur ini adalah deskripsi pertama dari mikroorganisme yang dipublikasikan.

Orang pertama yang melihat bakteri adalah Antoni van Leeuwenhoek (1632-1723), pembuat Belanda mikroskop amatir. Pada 1684, van Leeuwenhoek menggunakan mikroskop yang sangat sedikit dari karyanya sendiri untuk mengamati berbagai mikroorganisme dalam bahan-bahan alami.


Mikroskop Leeuwenhoek digunakan pada waktu itu dalam bentuk bikonveks berbentuk kaca pembesar tunggal dengan spesimen ditempatkan di sudut bukaan kecil di dudukan logam.

Perangkat ini diadakan dekat dengan mata dan objek di sisi lain lensa disesuaikan untuk mendapatkan fokus. Dengan alat itu, Leewenhoek mendapatkan kontras yang tepat antara bakteri mengambang di latar belakang sehingga dapat dilihat dan dibedakan.

Ia menemukan bakteri pada 1676 saat mempelajari lada infus dan air (pepper-infus air). Van Leeuwenhoek melaporkan temuannya dalam sebuah surat kepada Royal Society of London, yang diterbitkan dalam bahasa Inggris pada 1684. Ilustrasi van Leewenhoek temuan mikroorganisme yang dikenal sebagai “animalcules wee”.


  • Era Pasteur

Pada tahun-tahun sejak, observasi lain yang menegaskan pengamatan van Leeuwenhoek, namun peningkatan pemahaman sifat dan keuntungan mikroorganisme berjalan sangat lambat sampai 150 tahun kemudian.

Baru pada abad ke-19, yaitu setelah produksi mikroskop meningkat pesat, maka rasa ingin tahu manusia akan mikroorganisme mulai tumbuh lagi.

Louis Pasteur secara luas dikenal untuk berhasil menumbangkan teori generasi spontan, organisme hidup terjadi. Pasteur percobaan menggunakan disterilkan labu kaldu dan leher angsa membuktikan mikroorganisme.


  • Era Robert Koch

Sejak abad ke-16, telah diketahui bahwa ada agen penyebab penyakit menular. Setelah penemuannya, diyakini bahwa mikroorganisme adalah agen yang dimaksud, namun tidak pernah ada bukti apa pun.

Robert Koch (1842-1910), seorang dokter Jerman adalah orang pertama yang menemukan konsep hubungan antara penyakit menular dan mikroorganisme untuk memasukkan eksperimental.Konsep bukti yang diajukan oleh Koch dikenal sebagai Postulat Koch dan sekarang penentuan standar emas penyakit menular .


  • Era Mikrobiologi Umum

Mikrobiologi umum mengacu pada aspek-aspek non-medis mikrobiologi. Dua raksasa yang dikenal di era ini adalah Beijerinck dan Winogradsky. Kedua mulai aspek mikrobiologi lingkungan.


Baca Juga :