Pricing Strategi AirAsia

Pricing Strategi AirAsia

Pricing Strategi AirAsia

Pricing Strategi AirAsia
Pricing Strategi AirAsia

AirAsia masuk ke Indonesia pada December 2005 dengan mengambil alih dari perusahan Air Wagon International (AWAIR). Pada saat itu juga Indonesia AirAsia masuk ke Indonesia sebagai maskapai bertarif rendah. Indonesia AirAsia pada awal kemunculan sama sekali tidak memiliki competitor sama sekali, karena secara keseluruhan maskpai di Indonesia merupakan maskapai premium yang menawarkan fasilitas lengkap atau biasa yang disebutfull service. Ada beberapa hal yang membuat Indonesia AirAsia menjadi maskapai yang bertarif rendah antara lain; fasilitas tambahan seperti bagasi check-in, makanan, dan pemilihan tempat duduk, belum termasuk dalam tarif tiket. Untuk mendapat fasilitas tersebut, penumpang harus mengeluarkan biaya tambahan. Hal tersebut membuat tarif Indonesia AirAsia dibawah tarif rata-rata maskapai lain.

Berlomba-lomba dengan tarif merupakan salah satu strategi maskapai untuk mencapai target jumlah penumpang. Maskapai seperti Indonesia AirAsia sudah menawarkan tarif rendah dengan fasilitas yang disesuaikan seperticheck-in bagasi, makanan, dan tempat duduk yang dimana penumpang harus mengeluarkan biaya tambahan untuk fasilitas tersebut. Maskapai full servicemenjadi ancaman tersendiri bagi Indonesia AirAsia yang dimana mereka menawarkan tarif yang relatif sama dengan Indonesia AirAsia untuk bulan tertentu. Hal tersebut membuat maskapai full service dan tarif rendah melakukan perang tarif.  Namun, maskapai full service tidak selalu menawarkan tarif murah karena biaya operasional mereka yang besar yang harus maskapa tanggung sendiri.

AirAsia Indonesia membuat model biaya hemat melalui implementasi dari berbagai strategi kunci dengan mengutamakan keselamatan dan memastikan tarif terhemat dan produktivitas yang tinggi. Menyediakan pilihan layanan yang sesuai dengan kebutuhan bagi para penumpang tanpa menurunkan kualitas dan layanan yang diberikan. Selain itu, AirAsia juga berusaha memastikan bahwa setiap proses dilakukan secara sederhana dan efisien. AirAsia juga menawarkan kanal distribusi yang luas dan inovatif untuk memudahkan proses pembelian produk dan perjalanan serta menerapkan jaringan point to point agar pengoperasian menjadi sederhana dengan berbiaya yang rendah.

AirAsia ingin memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang dengan menerapkan tarif sehemat-hematnya dengan mengutamakan slogan “Now Everyone Can Fly”. Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh dengan kualitas yang diberikan, tetapi AirAsia berkomitmen memberikan pelayanan yang melebihi dari ekspektasi penumpangnya. Air Asia selalu berusaha sebagai maskapai penerbangan berbiaya hemat dari maskapai lainnya dengan kategorilow cost airlines. Strategi pricing yang rutin dilakukan Air Asia adalah melalui promo tiket setiap minggunya.

Dalam penerapan strategi pricing oleh Air Asia, terdapat dua pilihan harga dengan diferensiasi tertentu yang bisa didapatkan oleh penumpang. Yaitu dengan tarif rendah dan premium flexdimana harga tersebut memiliki perbedaan satu sama lainnya.

Sumber : https://rakyatlampung.co.id/lara-croft-relic-run-apk/