Perawatan Preventif

 Perawatan Preventif

 Perawatan Preventif

 Perawatan Preventif

Perawatan preventif adalah perawatan yang dilakukan pada selang waktu tertentu dan pelaksanannyadilakukan secara rutin dengan beberapa kriteria yang ditentukan sebelumnya. Perawatan preventif merupakan cara perawatan sarana dan prasarana sebelum mengalami kerusakan. Tujuannya adalah untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan sarana dan prasarana tidak bekerja normal dan membantu agar sarana dan prasarana dapat aktif sesuai dengan fungsinya.

Pekerjaan yang tergolong perawatan preventif adalah melihat, memeriksa, menyetel, mengkalibrasi, meminyaki, penggantian suku cadang dan sebagainya. Adapun langkah- langkah dalam perawatan preventif adalah:

  1. Menyusun program perawatan preventif di sekolah.
  2. Membentuk tim pelaksana perawatan preventif sekolah yang terdiri atas; Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, BP3 atau Komite Sekolah.
  3. Menyiapkan jadwal tahunan kegiatan perawatan untuk setiap peralatan dan fasilitas sekolah.
  4. Menyiapkan lembar evaluasi untuk menilai hasil kerja perawatan pada masing-masing bagian sekolah
  5. Memberi penghargaan bagi mereka yang berhasil meningkatkan kinerja peralatan sekolah dalam rangka meningkatkan kesadaran dalam merawat sarana dan prasarana sekolah.

Selain itu, adapun strategi yang dapat diterapkan oleh kepala sekolah dalam pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan menurut Wahidin (2015), menyatakan bahwa strategi yang dapatditerapkan antara lain yaitu: (1) pemeliharaan oleh seluruh warga sekolah terutama oleh penganggungjawab; (2) perbaikan oleh penganggungjawab, bila berat oleh wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana pendidikan.

sumber :
https://www.tokoislam.co.id/mitalk-messenger-apk/