Penyakit Tanaman Tomat

Penyakit Tanaman Tomat

Penyakit Tanaman Tomat

Penyakit Tanaman Tomat
Penyakit Tanaman Tomat

Rebah Semai

Rebah semai tanaman tomat adalah (Pythium debarianum). Rebah semai biasanya menyerang tanaman tomat pada fase pembibitan dan tanaman muda setelah pindah tanam.

Pengendalian kimiawi menggunakan fungisida sistemik berbahan aktif propamokarbohidroklorida, simoksanil, kasugamisin, asam fosfit, atau dimetomorf. Dosis ½ dosis terendah yang tertera pada Kemasan.

Layu Bakteri

Bakteri penyebab layu tanaman tomat adalah (Pseudomonas sp). Penyakit ini sering menggagalkan tanaman, Tanaman tomat yang teserang mengalami kelayuan daun, Di awali dari Daun-daun muda, Upaya pengendalian antara lain dengan meningkatkan pH tanah. Memusnahkn tanaman tomat terserang, Melakukan penggiliran tanaman serta menyemprotkan kimiawi dengan menggunakan bakterisida dari golongan antibiotik dengan bahan aktif kasugamisin, streptromisin sulfat, asam oksolinik, validamisin, atau oksitetrasiklin.

Dosis/Konsentrasi sesuai pada kemasan. Sebagai pencegahan secaa biologi berikan trichoderma pada saat persiapan lahan, umur 20 hst dan 30 hst di lakukan pengocoran menggunakan pestisida organik pada tanah. contohnya, super glio, wonderfat, Dengan dosis sesuai dengan anjuran pada kemasan.

Layu Fusarium

Cendawan penyebab layu tanaman tomat adalah (Fusarium oxysporum) Tanaman tomat terserang mengalami kelayuan di mulai dari Daun-daun yang tua, Kemudian menyebar kepada Daun-daun muda dan mengunng. Upaya pengendalianya dengan meningkatkan pH tanah. Memusnahkan tanaman tomat yang terserang, melakukan penggiliran tanaman serta menyemprotkan secara kimiawi. dengan menggunakan fungisida berbahan aktif benomil, metalaksil atau propamokarb hidroklorida.

Dosis/Konmsentrasi sesuai pada kemasan. Sebagai pencegahan secara biologi di berikan trichoderma pada saat persiapan lahan, Umur 20 hst dan 35 hst di lakukan pengocoran dengan pestisida organik pada tanah. Contohnya, Super glio, wonderfat, Dengan dosis sesuai anjuran pada kemasan.

Busuk Phytopthora

Penyakit busuk tanaman tomat adalah (Phytopthora infestans). Penyakit ini dapat menggagalkan budidaya tomat karena menyerang semua bagian tanaman. batang yang terserang di tandai Bercak-bercak coklat kehitaman dan Kebasah-basahan.Serangan serius menyebabkan tanaman tomat layu, Daun tomat tererang seperti tersiram air panas, Dan buah yang terserang di tandai Bercak kebasah-basahan yang menjadi coklat kehitaman dan lunak.

Pengendalian kimiawi menggunakan fungisida sistemik, Contoh, Bahan aktif yang dapat di gunakan adalah metalaksil, Propamokarb hidrokloroda, simoksanil, atau dimetomorf dan fungisida kontak. Contoh bahan aktif yang bisa di gunakan adalah Tembaga, mankozeb, propineb, ziram atau tiram. Dosis/konsentrasi sesuai petunjuk pada kemasan.

 

Sumber: https://www.duniabudidaya.co.id