Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD
Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Sekolah Dasar (SD) merupakan masa-masa penting bagi perkembangan anak.

Jika di usia 2 tahun otak anak terbentuk 80 persen, di usia SD merupakan puncak perkembangan keterampilan anak. Keterampilan bersosialisasi, IQ, dan kreatifitas anak akan selesai di usia 12 tahun.

“Perkembangan keterampilan anak selesai di usia 12 tahun. Ini merupakan tahapan terakhir setelah SD,” kata Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, seorang Psikolog anak dan keluarga pada talkshow Pepsodent Action 123 Complete di kawasan Kebayoran, Jakarta, Selasa (23/7).

Seiring bertambahnya usia, anak semakin menyadari posisinya sebagai makhluk sosial. Ia mulai peka terhadap pandangan orang lain terhadap dirinya, dan menginginkan agar dapat diterima dengan baik di tengah lingkungan. Menurut Rosdiana bahasa tubuh termasuk senyuman bisa mewakilkan 80% dari komunikasi.

“Saat anak merasa nyaman karena dapat bebas tersenyum, maka senyuman ini dapat menarik orang lain untuk mendekat dan bergaul dengannya, sehingga memudahkannya untuk beradaptasi dan bersosialisasi,” jelas Rosdiana.

Rosdiana menerangkan, hal terpenting dari proses transisi kembali ke sekolah adalah keyakinan ibu

bahwa ia mampu mempersiapkan perlindungan yang menyeluruh kepada anak mereka sehingga mereka pun ikut merasa nyaman dan percaya diri dalam menjalani hari-hari pertamanya di sekolah.

“Biasanya anak-anak yang lebih kecil dia sangat terpengaruh pada perasaan ibunya, siapa yang antarake sekolah. Kalau kita panik dia ikutan panik. Tidak hanya yang kecil saja yang dilepaskan ke sekolah, bahkan kuliahan juga masih ada,” jelas Rosdiana.

Kendati demikian, kata Rosdiana, orangtua harus mempersiapkan si kecil sebelum masuk sekolah, bagaimana ia berkomunikasi di tempat yang baru, berinteraksi dengan teman-temannya.

“Kalau hari pertama masuk dengan tenang dan happy hari ke 2, ke 3 dan seterusnya jadi lebih tenang dan shuttle ke sekolah,” ujar perempuan berambut ikal ini.

 

Sumber :

https://mi.study247.online/eportfolios/8/Home/Economic_Performers_Understanding_Anyone_Kind_Example_Role