Penjelasan Hari Kiamat dan 3 Tanda Kiamat Yang Sudah Terlihat

Penjelasan Hari Kiamat dan 3 Tanda Kiamat Yang Sudah Terlihat

Penjelasan Hari Kiamat dan 3 Tanda Kiamat Yang Sudah Terlihat

Penjelasan Hari Kiamat dan 3 Tanda Kiamat Yang Sudah Terlihat
Penjelasan Hari Kiamat dan 3 Tanda Kiamat Yang Sudah Terlihat

Hari Kiamat atau Akhir Zaman

adalah zaman dimana semua kehidupan yang ada di bumi ini akan hancur dan Menurut istilah Hari Kiamat adalah kebangkitan yang di serap dari bahasa arab “Yaum al Qiyamah” (Hari Kebangkitan Umat).

Hari kiamat atau Akhir Zaman mempunyai tanda-tanda yaitu di antara nya seperti di sebutkan oleh Rasullullah dalam hadist berikut, Rasullullah bersabda : “Sesungguh nya hari kiamat itu tidak akan terjadi sampai kalian melihat sepuluh tanda-tanda nya, lantas Rasulullah menyebutkan: Asap, Dajjal, Binatang Melata, Matahari terbit dari barat, Turunnya Isa ibnu Maryam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga kali permukaan bumi di benamkan: sekali di timur, sekali di barat dan yang ke tiga di Semanjung Arab, Yang akhir sekali adalah Api yang keluar dari arah Yaman yang akan menghalau manusia menuju Padang Mahsyar mereka” (HR.Muslim).

Kiamat di bagi menjadi 2 macam yaitu, Kiamat Kubra (Besar) dan Kiamat Sugra (Kecil). tidak ada yang tahu kapan terjadi nya hari kiamat hanya Allah SWT yang mengetahui nya, Bahkan Rasullullah pun tidak mengetahui nya :

“Mereka menanyakan kepada mu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “sesungguhnyapengetahuan tentang kiamta itu adalah di sisi tuhan ku tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangan nya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-hara nya bagi mahluk) yang ada langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepada mu melainkan denan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya, Katakanlah: “Sesunguhnya penetahuan tentang hari kiamta itu adalah di sisi Allah, tetapi hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak menetahuinya” (Q.S Al-Raaf ayat 187).

Tetapi ada satu isyarat soal hari kiamat dari Rasullullah Saw bahwa kiamat terjadi pada Hari Jumat seperti sabda beliau : “Dan tidak akan terjadi Hari Kiamat kecuali pada Hari Jumat. (HR.Muslim)

Seperti sekarang sudah banyak terdapat tanda-tanda kiamat dan banyak manusia yang lebih mementingkan urusan duniawi di banding akhirat di antara tanda-tanda nya tersebut yang sudah terjadi di masa kini berdasarkan hadist Nabi Muhammad Saw ialah :

1. Banyak orang baik, ahli agama meninggal dunia terlebih dahulu seperti: para ulama,ustadz, dll

“Tidak akan datang hari kiamat sehingga Allah mengambil orang-orang yang baik dan ahli agama di muka bumi maka tiada yang tinggal padanya kecuali orang-orang yang hina dan buruk perilakunya yang tidak menginkari mengetahui yang makruf dan kemungkaran. (HR.Ahmad)

Dan sekarang banyak para ulama yang sudah wafat terlebih dahulu karena bahwasanya orang-orang shaleh mereka merupakan ahli ilmu, di samping mengusai ilmu-ilmu yang membawa manusia ke jalan yang benar dan takwa, mereka juga sangat konsisten dalam mengamalkan ilmu nya tersebut dan dalam kitab An-Nihayah di Riwayatkan oleh Imam Bukhari,
Rasullullah bersabda : “Orang-orang shaleh akan hilang satu per satu, sehingga tinggallah orang-orang sampah (tidak berguna) seperti gandum dan kurma serta Allah Swt sama sekali tidak memperdulikan mereka” (HR.Bukhari)

Dan akan tiba suatu zaman dimana jika semua orang-orang shaleh wafat, berarti terangkat ilmu di sebabkan Allah Swt tidak mendatangkan penggantinya. Begitu juga dengan kitab suci umat Islam yaitu Al-Quran Allah akan mengangkat ayat -ayat Al-Quran ke langit, dan tidak lupa ayat yang terekam di dalam hati manusia, apabila mereka hafidz Al-quran sudah lupa akan segala surat-surat yang di hafalnya, berarti Allah sudah mengangkat Al-Quran dari hati/dada manusia.

2. Wanita-Wanita yang berpakaian tetapi telanjang

Salah satu tanda kiamat yang sudah terjadi di masa kini yaitu banyak kaum hawa yang bersolek dan berpakaian tetapi telanjang (tidak syar’i). Mereka keluar rumah tidak menutup aurat, memakai pakaian ketat yan memperlihatkan lekuk tubuh mereka, dan memakai pakaian tipis yang memperlihatkan aurat mereka. Memang mereka itu berpakaian tetapi pada hakikat nya mereka itu telanjang, karena terlihat nya aurat mereka, menonjolnya bentuk tubuh karena ketat nya pakaian mereka.

Rasullullah Saw bersabda : “Pada akhir umatku akan ada kaum pria yang menunggang di atas pelana-pelana kuda bagaikan rumah-rumah. 1. Mereka turun di pintu-pintu masjid, wanita-wanita mereka berpakaian tetapi telanjang, kepala mereka bagaikan punuk unta yang kurus, 2. Laknatlah mereka karena sesungguhnya mereka adalah wanita-wanita terlaknat. seandainnya setelah kalian ada salah satu umat, niscaya wanita-wanita kalian akan menjadi pembantu bagi wanita-wanita mereka sebagaimana wanita-wanita sebelum kalian menjadi pembantu bagi wanita-wanita kalian”(HR. Ahmad)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu beliau berkata bahwa Rasullullah Saw bersabda : “Ada dua golongan penghuni neraka yang belum pernah aku lihat: 1. Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan 2. Para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlengak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga, mencium baunya, padahal wangi nya surga dapat tercium dari jarak sekian dan sekian”

Dalam hadist itu terdapat dua golongan dan sekarang dua golongan tersebut sudah ada di zaman kita. sekarang ini fenomena seperti ini merupakan isyarat bahwa semakin dekat waktu nya dunia ini akan hancur. Bahkan di zaman sekarang ini ada tempat-tempat untuk mengatur rambut wanita, memperindahnya, juga membentuknya yang sering di sebut “Salon Kecantikan”. Dan bahkan kebanyakan wanita tidak merasa puas dengan apa yang Allah karuniakan kepadanya.
Aisyah RA berpesan kepada kaum hawa yaitu “Jangan kau merasa bangga dengan kecantikan mu sehingga kau dikejar jutaan lelaki itu bukan kemuliaan mu”

3. Berlomba-lomba dalam Meninggikan Bangunan

Di zaman yang semakin canggih ini dan di dukung oleh teknologi yang modern, manusia pun berbangga-bangga dalam membuat bangunan pencakar langit.
Rasullullah bersabda : “Tidak akan datang Hari Kiamat hingga manusia berlomba-lomba dalam meninggikan bangunan” (HR.Bukhari).

Suatu hari malaikat Jibril menemui Rasullullah Saw dengan wujud manusia, Ia datang dengan mengenakan pakaian yang teramat putih warna rambut yang hitam kelam, Ia datang berdialog dengan Rasullullah dan memberikan pengajaran kepada sahabat. Jibril bertanya tentang Islam, Iman , dan Ihsan kemudian Jibril bertanya tentang tanda kiamat, di antara jawaban nabi ialah:
“Dan bila engkau menyaksikan mereka yang berjalan tanpa alas kaki, tidak berpakaian, fakir dan pengembala kambing (kemudian) berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi” (HR.Bukhari)
Di hadist lain di sebutkan, Kemudian sahabat Ibnu abbas bertanya : “Wahai Rasullullah, dan siapakah para pengembala, orang tidak memakai sandal, dalam keadaan lapar dan yang miskin itu” Beliau menjawab “Orang arab” (Musnad Ahmad, IV/332-334,NO 2926)

Di mekkah saja, Masjidil Haram sudah di kelilingi oleh gedung pencakar langit dan bahkan gunung uhud sudah tidak terlihat lagi, Rasullullah bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi hingga gunung-gunung hilang dari tempatnya dan kalian melihat perkara besar yang belum kalian lihat” (HR.Thabrani)

Bahkan pemerintah Arab sedang membangun gedung pencakar langit lagi yang konon akan lebih tinggi dari Burj Khalifa dan menelan biaya awal 1.23 milyar dollar, gedung itu di namai Kingdom Tower yang luas bangunan nya mencapai 530 ribu meter persegi, 200 lantai 160 di antara nya akan di jadikan hunian dan memiliki 59 elevator, 54 single deck, 5 double deck. Untuk mencapai tingkat atas hanya butuh 1 menit 40 detik saja.

Baca Juga: