Pengertian Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Pengertian Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Pengertian Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Pengertian Model Pembelajaran Inquiry Based Learning

Rusman menyatakan model pembelajaran biasanya

disusun berdasarkan berbagai prinsip atau teori sebagai pijakan dalam pengembangannya.

Joyce dan Weil berpendapat model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum dan pembelajaran jangka panjang, merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau diluar kelas.

Dari pengertian model tersebut dapat saya simpulkan model pembelajaran adalah acuan pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan pola-pola pembelajaran tertentu.

Model pembelajaran inquiry based learning adalah merupakan salah satu model yang dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran (shoimin,2014). Sedangkan menurut Gunawan dkk (2016) model pembelajaran inquiry based learning  merupakan kegiatan pembelajaran berbasis penyelidikan dimana peserta didik mencari sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Menurut Trowbridge dan Bybee (Widiyanti dkk, 2013) pembelajaran inquiry based learning merupakan suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa, kelompok-kelompok siswa dihadapkan pada suatu persoalan atau mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan melalui suatu prosedur yang telah direncanakan secara jelas.

Dari pengertian model pembelajaran inquiry based learning tersebut dapat saya simpulkan model pembelajaran inquiry based learning adalah serangkaian proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dengan penekanannya pada kemampuan berfikir kritis, mencari, dan menemukan  masalah.


Sumber: https://urbanescapesusa.com/superheroes-car-racing-apk/