PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGI MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGI MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGI MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MANAJEMEN STRATEGI MENURUT PARA AHLI

Beberapa pakar manajemen memberikan menggambarkan definisi dari manajemen strategi, antara lain:

1. H.I ANSOFF

Dalam bukunya yang berjudul “Implementing Strategi”, H.I. Ansoff mengatakan manajemen strategi adalah proses manajemen, hubungan antara perusahaan dengan lingkungan yang terdiri dari perencanaan strategi, manajemen perubahan, dan perencanaan kapabilitas.

2. J. DAVID HUNGER

Manajemen strategi menurut J. David Hunger adalah serangkaian tindakan manajerial dan keputusan yang menentukan kinerja dari sebuah perusahaan dalam jangka waktu yang lama. Pada intinya manajemen strategi merupakan suatu tindakan perencanaan dan pengaturan strategi yang efektif dan dilakukan agar tujuan bisnis tercapai, serta usia bisnisnya berlangsung dalam waktu yang lama.

3. ARNALDO C.HAX DAN NICHHOLAS S MAJLUK

Menurut Arnaldo C Hax dan Nichholas S Majluk, pengertian manajemen strategi dalam bukunya yang berjudul “Strategi Manajemen” adalah sebagai cara menuntun perusahaan pada sasaran utama pengembangan nilai korporasi, tanggung jawab organisasi, kapabilitas manajemen, dan sistem administrasi yang menghubungkan pengambilan keputusan strategik serta tindakan operasional pada seluruh tingkat hierarki yang melewati lini bisni dan fungsi otoritas perusahaan.

4. THOMAS WHEELEN AND CO

Pengertian manajemen strategi menurut Thomas Wheemen and Co adalah sebuah serangkaian keputusan manajerial dan berbagai kegiatan yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam jangka waktu yang lama. Kegiatan ini meliputi perencanaan strategi, pelaksanaan, dan evaluasi.

5. BAMBANG HARYADI

Menurut Bambang, manajemen strategi adalah suatu proses yang disusun secara sistematis oleh manajemen untuk merumuskan strategi, mengimplementasikan strategi, dan evaluasi terhadap strategi yang sedang dijalankan. Serangkaian kegiatan itu bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi dari organisasi.

6. NAWAWI

Manajemen strategi menurut Nawawi adalah sebuah perencanaan yang memiliki skala besar dan berorientasi untuk mencapai tujuan masa depan, serta sebagai sebuah keputusan yang fundamental. Perencanaan itu memungkinkan organisasi untuk menjalankan misi dalam upaya untuk menghasilkan sesuatu, kualitas, serta optimasi yang diarahkan pada pencapaian tujuan strategis dari organisasi.

7. DES AND LUMPKIN

Desand Lumpkin mengatakan bahwa terdapat dua elemen utama yang menjadi jantung dari manajemen strategi yaitu yang pertama manajemen strategi membutuhkan tiga proses berkelanjutan yakni analisis, keputusan, dan aksi. Lalu yang kedua inti manajemen strategi adalah bagaimana mempelajari perusahaan mampu mengungguli kompetitornya yang lain.

8. MULYADI

Menurut Mulyadi, pengertian manajemen strategi adalah sebuah proses yang dilakukan oleh manajer dan pegawai untuk merumuskan serta melaksanakan strategi dalam penyediaan costumer value terbaik untuk mewujudkan visi sebuah organisasi.

9. JOHN A. PEARCHE II DAN TICHARD BR

Dalam bukunya yang berjudul “Strategi Manajemen” ahli ini berpendapat manajemen strategi adalah seperangkat keputusan dan tindakan yang menghasilkan implementasi serta formulasi dari rencana yang didesain untuk mencapai sebuah tujuan.


Sumber: https://mayrhofen-harakiri.com/rom-toolbox-pro-apk/