Pengertian IPTEK

 Pengertian IPTEK

 Pengertian IPTEK

 Pengertian IPTEK

IPTEK adalah akronim dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.  Ilmu adalah pengetahuan dan yang sudah diklarifikasi, diorganisasi, disistematisasi, dan diinterpretasi, menghasilkan kebenaran obyektif, sudah diuji kebenarannya, dan dapat diuji ulang secara ilmiah.[5] Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ilmu pengetahuan adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan menerangkan gejala-gejala tertentu. Berikut ini dijelaskan beberapa definisi menurut para ahli sebagai berkut:

  1. Karl Pearson mengatakan, ilmu adalah lukisan atau keterangan yang komprehensif dan konsisten tentang fakta pengalaman dengan istilah yang sederhana.
  2. Ashley Montagu mengatakan ilmu adalah pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari pengamatan, studi dan percobaan untuk menentukan hakikat prisnsip hal yang sedang dikaji.

            Sedangkan teknologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu tekne, yang berarti pekerjaan, dan logos, berarti suatu studi peralatan, prosedur dan metode yang digunakan pada berbagai cabang industri.[6]

            Jadi ilmu pengetahuan mempunyai teori-teori atau rumus yang tetap, dan teknologi merupakan praktek atau ilmu terapan dari teori-teori yang berasal dari ilmu pengetahuan. IPTEK saling berkaitan, jika tidak adal ilmu pengetahuan, maka teknologi pun tidak akan ada.


  1. Sejarah Gadget

Perkembangan gadget dari masa ke masa dimulai dari perangkat yang bernama Handphone yang dikembangkan dari Telephone. HP pertama kali digunakan di Amerika Serikat pada tahun 1947. Generasi gadget dimulai dari generasi ke 0 (OG) disebut dengan radio HT (Handy Talky), generasi 1(1G) mulai menuju ke masa kini dengan penggunaan telephone seluler yang memiliki antena tetapi terlalu berat dengan jangkauan terbatas dan masih dengan signal analog. Generasi kedua, sudah muncul signal digital pada tahun 1990 dengan dua jaringan nirkabel yaitu GSM di Eropa dan CDMA di A.S. Ditambah fitur yang canggih seperti pesan suara, panggilan tunggu dan SMS. Bentuk telepon selular lebih kecil dan ringan. Generasi ke 3 (3G), internet sudah ada digenggaman pada generasi ini, dengan jangkauan yang luas sampai ke seluruh dunia dapat berkomunikasi dengan videocall karena sudah dilengkapi dengan kamera yang menjurus pada multimedia. Generasi ke 4 (4G), hp pada masa generasi ini disebut smartphone sangat dekat dengan manusia dan sebagian pekerjaan manusia dapat dibantu.[7]

 

Sumber :

https://nomorcallcenter.id/