Pengertian Ekonomi Mikro Islam

Pengertian Ekonomi Mikro Islam

Pengertian Ekonomi Mikro IslamPengertian Ekonomi Mikro Islam

[1]Ada dua istilah yang sering digunakan, untuk ekonomi Islam, yaitu ekonomi syariah dan ekonomi Islam keduanya merujuk pada satu azas, yakni ekonomi yang berdasarkan prinsip syariah. Ekonomi berdasarkan syariah tumbuh dan berkembang bersamaan dengan lahirnya dan berkembangnya agama Islam di dunia ini.

[2]Ekonomi mikro Islam menjelaskan bagaimana keputusan diambil oleh setiap unit ekonomi yang memasukkan batasan batasan syariah sebagai variable yang utama.Yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro,dimana ekonomi mikro mempelajari bagaimana perilaku tiap – tiap individu dalam setiap unit ekonomi, yang dapat berperan sebagai konsumen, pekerja, investor, pemilik tanah atau resources yang lain, ataupun perilaku dari sebuah industri. Ekonomi mikro juga dapat menjelaskan perilaku industri dalam menentukan jumlah tenaga kerja , kuantitas , harga yang terbaik.

  1. Manfaat Dan Batasan Teori Ekonomi Islam

[3]Seperti halnya sclence, ilmu ekonomi juga memfokuskan pada explanation dan prediction dari fenomena yang ada. Mengapa , sebagai contaoh, kenaikan harga pada bensin dan solar tidak terlalu berpengaruh terhadap pada penurunan permintaan terhadap konsumsi bensi dan solar tersebut dan bagaimana dampaknya terhadap perubahan secara umum ?

Sumber :

https://veragibbons.com/