Kalimat Sambung

Pengertian dan Ciri-ciri Kalimat Sumbang

Pengertian dan Ciri-ciri Kalimat Sumbang

Perhatikan pola arti kata sumbang berikut :
Sumbang : Memiliki arti (definisi verbal, kata kerja)
me·nyum·bang a menjadi sumbang;
me·nyum·bang·kan v menjadikan (membuat menjadi) sumbang;
– langkah 1 sengaja membuat langkah yg salah (dl silat dsb) untuk mengumpan lawan; 2 berbuat yg melanggar adat (kesopanan dsb)

2. , — saran sumbangan berupa saran (nasihat); urun pendapat;
me·nyum·bang v 1 memberikan sesuatu kpd orang yg sedang mengadakan pesta dsb sbg sokongan: ketika mengawinkan anaknya, banyak orang yg -; 2 turut membantu (menyokong) dng tenaga, pikiran, dsb: justru saya ingin – dng ide-ide baru untuk kemajuan dan perkembangan usahanya;
me·nyum·bang·kan v 1 memberikan sesuatu sbg bantuan (pd pesta perkawinan dsb); 2 memberi bantuan atau sokongan (kpd);
sum·bang·an n 1 pemberian sbg bantuan (pd pesta perkawinan dsb); penyolok; 2 bantuan; sokongan;
– manasuka sumbangan sukarela; – wajib sumbangan berupa uang dsb yg harus dibayar;
pe·nyum·bang n orang yg menyumbang;
pe·nyum·bang·an n proses, cara, perbuatan menyumbang.

[KBBI]

Kalimat sumbang adalah kalimat yang tidak mendukung kalimat utama atau kalimat di luar jalur pokok pembicaraan. Untuk menentukan kalimat ini kita harus menentukan kalimat utama/ide pokok suatu paragraf.

Kalimat sumbang atau kalimat yang tidak padu, yaitu kalimat yang benar-benar didasarkan pada prinsip manasuka yang tidak memiliki sangkut paut, menyimpang bahkan bertolak belakang dengan ide pokok suatu paragraf.

Kenapa dalam suatu kalimat bisa terdapat kalimat sumbang? Kalimat sumbang ini dapat ditimbulkan oleh suatu ketidaksengajaan penulis, bahkan disengaja oleh penulis. Unsur kesengajaan ini misalnya seseorang menulis novel lepas, cerita-cerita humor untuk memberikan umpan klasik kepada pembacanya.
Ciri-ciri :
Perhatikan contoh berikut :
Contoh paragraf berkalimat sumbang
Hari akan hujan. Angin bertiup kencang. Debu-debu beterbangan. Awan hitam bergerak dengan cepat. Burung-burung berkicau riang. Para pedagang kaki lima sibuk mengemas dagangannya.

Jadi apabila dalam suatu pertanyaan atau soal yang mengangkat topik tentang kalimat sumbang, maka kenalilah kalimat itu sebagai susunan kalimat yang tidak di atur guna menjelaskan tentang ide pokok suatu paragraf.

Semoga Bermanfaat!


SUMBER : RUMUSGURU.COM