PENGERTIAN BANGSA INDONESIA

PENGERTIAN BANGSA INDONESIA

pengertian bangsa

Suatu bangsa adalah sekelompok orang yang memiliki identitas yang sama dan memiliki bahasa, agama, ideologi, budaya dan / atau sejarah yang sama. Secara umum, diyakini bahwa mereka memiliki leluhur yang sama. Konsep bahwa semua orang dibagi menjadi kelompok-kelompok orang adalah salah satu ajaran yang paling berpengaruh dalam sejarah. Ajaran ini adalah pengajaran etika dan filsafat dan awal dari ideologi nasionalisme.
Jadi bangsa tidak harus berasal dari kelompok etnis yang sama. Misalnya, orang Indonesia dari berbagai suku dan bahasa memiliki keinginan atau keinginan untuk bersatu berdasarkan pengalaman dijajah oleh negara-negara Barat.

Menurut Hans Khon

Bangsa ini adalah orang yang memiliki latar belakang sejarah yang sama, berjuang untuk masa depan yang sama dan merasa bahwa ia memiliki perasaan yang sama.

Setelah Otto Bauer (1882-1939)

Bangsa adalah unit karakter yang lahir karena kesamaan karakter. Kesamaan tanda tumbuh karena persamaan yang sama.

Menurut Mohammad Yamin

Suatu bangsa adalah sekelompok orang yang dihubungkan oleh kesamaan historis (akal sehat dan kontinuitas), persamaan bahasa dan persamaan hukum (hukum adat dan budaya).

Mohammad Yamin menjelaskan bahwa definisi “bangsa Indonesia” dalam janji sumpah pemuda 28 Oktober 1928 adalah bangsa Indonesia pada tingkat “bangsa budaya”. Sementara konsep “bangsa Indonesia” didengar pada 17 Agustus 1945, itu adalah “negara bangsa”.

Bangunan negara

Negara ini berasal dari bahasa Sansekerta Nagari atau bahasa Nagara, yang berarti kota. Dalam bahasa suku Indonesia, “Negara” berarti wilayah atau “wilayah” atau “tempat tinggal seorang pangeran” atau “kota”. Dalam bahasa modern, negara atau negara menggambarkan bahasa asing sebagai negara (Inggris), de negara (Belanda). Saya akan (Perancis). Istilah-istilah ini berasal dari status Latin atau status, yang berarti keadaan adil dan tegas atau sesuatu yang memiliki kualitas tegak dan teguh.