Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi

Pengertian Akuntansi
Pengertian Akuntansi

Kata akuntansi (Accounting) berasal dari perkataan to Account yang berarti mempertimbangkan atau mempertanggungjawabkan.Akuntansi berkaitan dengan masalah pertanggungjawaban dari manajemen pengelola perusahaan kepada pemilik perusahaan atas kepercayaan yang diberikan atas kepercayaan yang diberikan kepadanya dalam melaksanakan aktivitas perusahaan.

Akuntansi Menurut Para Ahli

Definisi akuntansi ada beberapa macam diantanya:

a) Menurut American Accounting Association (AAA)

Akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang mempergunakan informasi tersebut.

b) Menurut American Institut of Certified Public Account (AICPA)

Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan peringgkasan menurut cara yang berarti dan dinyatakan dalam nilai uang dari segala transaksi atau kejadian-kejadian yang setidak-tidaknya bersifat finansial dan kemudian menafsirkan hasilnya.

c) Akuntansi adalah keseluruhan pengetahuan yang bersangkutan dengan fungsi menghasilkan informasi keuangan suatu organisasi kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan.

Definisi Pengertian Akuntansi

Dari definisi-definisi di atas dapat ditarik pengertian sebagai berikut:

  1. Unit Organisasi

Bahan laporan tersebut berkaitan dengan unit organisasi yang dapat berbentuk perusahaan, perkumpulan,koperasi,yayasan unit pemerintah dsb.

  1. Menghasilkan informasi keuangan

Akuntansi adalah alat yang dikembangkan berdasarkan ilmu pengetahuan guna menghasilkan laporan keuangan yang bersifat kwantitatif.

  1. Pihak yang berkepentingan

Laporan yang dihasilan memberikan informasi kepada pihak-pihak tertentu untuk dijadikan dasar dalam mengambil keputusan.

  1. Transaksi

Yang menjadi objek akuntansi adalah transaksi atau kejadian-kejadian yang memberikan perubahan posisi dari sebuah perusahaan atau unit organisasi.

Transaksi dalam suatu periode akuntansi terjadinya berulang-ulang dan banyak jenisnya sehingga terlebih dahulu harus diproses dalam tahapan-tahapan kegiatan sebagai berikut:

  • Pengidentifian (penentuan) dan pengukuran
  • Pencatatan ( Recording )
  • Penggolangan ( Classification )
  • Pengikhtisaran ( Summarizing )
  • Penyusunan laporan keuangan ( Reporting )
  1. Cara tertentu

Transaksi perusahaan diolah dengan berpedoman pada prinsip-prinsip yang umum berlaku yang di atur dalam Prinsip-prinsip Akuntansi Indonesia (PAI)

Profesi Akuntansi

profesi akuntansi sejalan dengan perkembangan dunia usaha yang menimbulkan jenis jasa akuntansi yang diminta masyarakat. Menurut ruang lingkup tugasnya profesi akuntansi terdiri dari :

1).    Akuntan Publik

Akuntan publik adalah akuntan yang kegiatannya memberikan jasa kepada perusahaan atau pihak-pihak tertentu berkaitan dengan masalah akuntansi secara umum misalnya pemeriksaan, penyusunan laporan keuangan, penyusunan system akuntansi. Hasil pemeriksaan akuntan publik menyangkut kepentingan pihak-pihak luar perusahaan. Oleh karena itu pemeriksaannya bersifat bebas (independen).

2).    Akuntan intern

Akuntan intern adalah akuntan swasta yang bekerja di perusahaan-perusahaan, sehingga menjadi bagian dan mendapat gaji dari perusahaan tempat mereka bekerja. Tugas akuntan intern di antaranya merencanakan sistem akuntansi, mengatur pembukuan, membuat ikhtisar-ikhtisar keuangan, atau bertindak sebagai pemeriksa intern (internal auditor).

3).    Akuntan pemerintah

Akuntan pemerintah adalah akuntan-akuntan yang bertugas di perusahaan-perusahaan negara, bank-bank pemerintah, Direktorat Jendral Pajak, Direktorat Jendral Pengawas Keuangan Negara dan lain-lain.

4).    Akuntan pendidik

Akuntan pendidik adalah akuntan yang mengabdikan dirinya pada bidang pendidikan dan keterampilan akuntansi.

Sumber : https://www.seputarpengetahuan.co.id/2015/09/sifat-wajib-dan-mustahil-bagi-nabi-dan-rasul-beserta-artinya.html