Pengaruh Persepsi, Aktifitas, Minat Terhadap Hasil Belajar

Pengaruh Persepsi, Aktifitas, Minat Terhadap Hasil Belajar

Pengaruh Persepsi, Aktifitas, Minat Terhadap Hasil Belajar

Pengaruh Persepsi, Aktifitas, Minat Terhadap Hasil Belajar
Pengaruh Persepsi, Aktifitas, Minat Terhadap Hasil Belajar

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU, AKTIVITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI
SMA NEGERI 1 BANDAR SRIBHAWONO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

 

Oleh

ALBET MAYDIANTORO

Prestasi belajar siswa merupakan tolok ukur keberhasilan dalam belajar. Banyak faktor yang diduga dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa diantaranya adalah persepsi siswa tentang kompetensi guru, aktivitas belajar dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru, aktivitas belajar, dan minat belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Tahun Pelajaran 2009/2010.

Metode  yang digunakan dalam penelitian ini

sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu metode deskriptif verivikatif, dengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 156 siswa dengan jumlah sampel 47 siswa, yang diambil dengan teknik simpel random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Untuk pengujian hipotesis penulis menggunakan SPSS.

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian

yang menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Tahun Pelajaran 2009/2010 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukan bahwa nilai thitung > ttabel  7,160 > 2,105. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Tahun Pelajaran 2009/2010 Yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,999 > 2,105.

(3) Terdapat pengaruh yang signifikan

minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Tahun Pelajaran 2009/2010. Yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,648 > 2,105. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang kompetensi guru, aktivitas belajar, minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Tahun Pelajaran 2009/2010 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji F yang menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 20,712 > 4,065

Baca juga: