Pendekatan dasar jaringan dan pemrosesan

Pendekatan dasar jaringan dan pemrosesan

Pendekatan dasar jaringan dan pemrosesan

Pendekatan dasar jaringan dan pemrosesan
Pendekatan dasar jaringan dan pemrosesan

Dua generasi pertama peralatan komputer menampilkan system-system yang berdiri sendiri (stand alone). Ketika perangkat keras komputer generasi ketiga  yang menampilkan integrated chip cyrcuitry yang diperkenalkan pada tahun 1964, timbul gagasan untuk menggunakan system baru tersebut dalam Jaringan komputer. Pendekatan pertama adalah timesharing. Selanjutnya muncul distributed processing (pengolahan data terdistribusi), sekarang konsep yang paling  menarik perhatian adalah client-server.

  • Time Saring

Jaringan timersharing terdiri dari satu komputer tunggal sebagai server yang dipakai bersama oleh beberapa pemakai yang mempunyai hak akses melalui terminal-terminal. komputer server memberikan pelayanan dan melakukan pengolahan data berdasarkan instruksi yang diberikan oleh user melalui terminal. PC Cloning yang belakangan ini menjadi trend pada jaringan komputer lokal dalam memberdayakan komputer tipe lama untuk mengakses sumberdaya komputer terbaru berbasis windows yang dijadikan Server menggunakan fasilitas Terminal Service yang disediakan Windows NT 4.0 Terminal Sevice version atau Windows 2000 Server,.Windows Server 2003 Cara kerjanya yaitu Software akan melakukan semacam proses kloning terhadap konfigurasi server (processor dan RAM) dan selanjutnya memindahkannya secara virtual ke semua komputer (workstation) yang terhubung dengan server tersebut. Manfaat PC Cloning adalah hemat, karena hanya membutuhkan satu unit komputer berkecepatan tinggi untuk dijadikan Server. Sedangkan PC Client sebagai terminal dapat menggunakan komputer lama.. Instalasi semua aplikasi hanya dilakukan di Server. komputer Client hanya perlu system operasi DOS atau Windows. Bahkan komputer client dapat bekerja tanpa menyediakan media penyimpanan (tentunya dengan proses modifikasi).  Sistem ini dapat digunakan oleh semua kalangan yang ingin memiliki jaringan komputer dengan biaya murah.  Seperti Laboratorium Komputer, Warnet dll. Kelemahan dari jaringan ini, semua data terpusat dan bila terjadi kerusakan sehingga komputer server tidak bekerja  maka semua aktivitas pada jaringan akan terhenti. Kejadian seperti ini, sangat tidak diinginkan dalam dunia bisnis

  • Distributed Processing

Saat komputer mikro menjadi populer perusahaan-perusahaan mengubah strategi mereka dan mulai mendistribusikan komputer-komputer mini dan mikro di seluruh organisasi/ Jika system ini saling berhubungan, teknik ini disebut dengan distributed processing. Distributed pemrosesan menggantikan timesharing sebagai jaringan favorite selama akhir tahun 1970-an dan 1980-an.

  • Client-Server

Client-server computing adalah suatu pendekatan bagi penggunaan Jaringan komputer yang didasarkan pada konsep bahwa sebagian fungsi paling baik ditangani secara lokal dan sebagian paling baik ditangani secara terpusat. Terlihat bahwa client-server merupakan campuran antar timesharing yang terpusat dan distributed processing yang menekankan pemrosesan lokal. Client server dapat mencakup WAN tetapi konfigurasi dasarnya terdiri dari satu atau  beberapa LAN

Pada jaringan client-server yang umum, pemrosesan aplikasi dibagi atas beberapa client dan satu atau beberapa server. Client adalah pemakai yang mengakses jaringan melalui komputer destop. Server dap berupa komputer jenis apapun yang menyediakan fungsi pengendalian bagi Jaringan komputer.

Jika jaringan client-server  diterapkan dengan configurasi yang canggih, system apapun dalam jaringan dapat mengakses dan menggunakan system lain yang tersedia. Dengan cara ini kapasitas yang tidak digunakan dari suatu destop dapat digunakan oleh destop lain yang berada dalam jaringan. Atau pekerja dapat diturunkan (downloaded)  ke destop dari server.

Baca Juga :