Penataan Transportasi Kota Bogor Alami Peningkatan

Penataan Transportasi Kota Bogor Alami Peningkatan

Penataan Transportasi Kota Bogor Alami Peningkatan

 

Penataan Transportasi Kota Bogor Alami Peningkatan

One Planet City Challenge

Kota Bogor meraih predikat ‘Special Mentions’ dalam ajang One Planet City Challenge (OPCC) yang digelar oleh World Wide Fund for Nature (WWF). Penghargaan ini disematkan kepada Kota Bogor karena pendekatan Pemkot Bogor yang kuat dan beragam untuk mewujudkan tata transportasi kota yang berkelanjutan.

“Sehubungan dengan topik ‘transportasi berkelanjutan’ yang menjadi topik sorotan dalam pelaksanaan One Planet City Challenge tahun ini, panel juri OPCC memberikan apresiasi khusus atau ‘Special Mentions’ kepada Kota Bogor,” ungkap CEO WWF-Indonesia Rizal Malik dalam sebuah prosesi penyerahan penghargaan di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (19/7/2018) sore.

Rizal menambahkan

Selama 4 sampai 5 tahun terakhir manajemen pengelolaan transportasi di Kota Bogor mengalami kemajuan dan peningkatan yang cukup besar. “Jadi, anggota panel juri yang terdiri dari profesional serta akademisi dari berbagai negara menilai upaya penataan transportasi di Kota Bogor ada peningkatan dan sudah baik dibanding sebelumnya,” jelasnya.

Walikota Bogor Bima Arya

Walikota Bogor Bima Arya yang menerima langsung penghargaan tersebut menyatakan bahwa predikat ini memiliki arti bahwa apa yang dilakukan Pemerintah Kota Bogor mendapatkan dukungan dari warga dan elemen yang ada di Kota Bogor.

“Tidak jauh berbeda saat Kota Bogor meraih penghargaan The Most Loveable City In The World pada 2016 lalu, predikat ini juga karena ikhtiar perubahan yang didukung warganya,” ujar Bima.

Ke depannya, kata Bima

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Bogor  akan duduk bersama merancang program kerjasama menangani persoalan yang dihadapi kedua daerah, seperti banjir, kemacetan dan urbanisasi. “Selama ini kerja sama yang ada hanya satu arah, Kota Bogor mengajukan proposal dan Jakarta menyetujui. Kedepan formatnya harus lebih lebih baik,” pungkasnya.

One Planet City Challenge 2018 diikuti sebanyak 132 kota dari 23 negara yang bersedia menerima tantangan ini. Sementara, kampanye We Love Cities diikuti oleh para finalis OPCC, yaitu 50 kota dari 21 negara.

Sebanyak 8 kota asal Indonesia tercatat sebagai peserta OPCC tahun ini, yaitu Jakarta, Bogor, Balikpapan, Malang, Probolinggo, Tangerang, Bekasi dan Banda Aceh. Dalam memobilisasi partisipasi kota-kota ini, WWF bermitra dengan ICLEI – Local Governments for Sustainability yang juga memfasilitasi penggunaan carbonn Climate Registry (cCR) sebagai media pelaporan kinerja kota. Tahun ini, DKI Jakarta dinobatkan sebagai ‘National Winner’ dalam ajang OPCC dan untuk pertama kalinya mendapat gelar ‘The Most Loveable City’ dari ajang kampanye We Love Cities.

 

Sumber: https://bandarlampungkota.go.id/blog/contoh-gambar-seni-rupa-murni/