Pemenuhan Kekurangan Guru, Harapan PGRI untuk Pemerintahan Jokowi

Antisipasi Data Palsu Mahasiswa, Kampus UT Gandeng Dukcapil

Pemenuhan Kekurangan Guru, Harapan PGRI untuk Pemerintahan Jokowi

Antisipasi Data Palsu Mahasiswa, Kampus UT Gandeng Dukcapil
Antisipasi Data Palsu Mahasiswa, Kampus UT Gandeng Dukcapil

Jowo Widodo (Jokowi) hampir dipastikan bakal memimpin pemerintahan untuk kedua kalinya.

Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menyampaikan harapan besar kepada pemerintahan Jokowi jilid dua. Diantaranya adalah mengatasi kekurangan guru di sekolah negeri.

’’Sebelumnya kami dari PGRI menyampaikan selamat kepada KPU dan selamat kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin,’’ kata Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Unifah Rosyidi Jumat (24/5). Dia menuturkan pada pemerintahan saat ini Jokowi gencar membangun infrastruktur. Sehingga dari aspek pendidikan, akses pendidikan semakin terbuka.

Nah untuk periode berikutnya Unifah berharap Jokowi lebih berfokus

pada peningkatan sumber daya manusia (SDM). Sehingga perlu ada pemenuhan guru dan peningkatan kualitasnya melalui pelatihan-pelatihan. Selain itu arah pendidikan nasional juga harus diperjelas.

’’Saya ingin rekrutmen guru. Jangan sampai kita kekurangan guru,’’ tutur Unifah. Dia berharap kebutuhan guru harus dipenuhi oleh pemerintah. Bagi PGRI persoalan pemenuhan jumlah atau kebutuhan guru sampai saat ini masih belum tuntas.

Menurutnya saat ini kekurangan guru sudah mencapai level psikologis 1 juta orang

. Dalam pengangkatan guru, Unifah berharap pemerintah memberikan perhatian terhadap guru honorer. Menurutnya para guru honorer itu sudah memiliki kapasitas dalam mengajar. Sehingga tinggal dilanjutkan dengan program pelatihan-pelatihan. Unifah berharap proses rekrutmen guru tahun ini terus dilanjutkan.

Unifah juga meminta pemerintah pusat untuk mengawasi penempatan guru-guru baru. Jangan sampai guru yang semula diterima di sekolah pedalaman atau pinggiran, lantas dipindah ke perkotaan. Akibatnya sekolah-sekolah di pedalaman atau pinggiran tetap kekurangan guru.

 

Sumber :

https://www.codecademy.com/marlindaSoamena