PEMELIHARAAN TANAMAN PADA BUDIDAYA PEPAYA

PEMELIHARAAN TANAMAN PADA BUDIDAYA PEPAYA

PEMELIHARAAN TANAMAN PADA BUDIDAYA PEPAYA

PEMELIHARAAN TANAMAN PADA BUDIDAYA PEPAYA

Penyulaman

Penyulaman dilakukan sampai dgn umur tanaman 1,5 bulan. Tanaman yg sudah terlalu tua apabila masih terus disulam akan berpengaruh terhadap pengendalian hama penyakit.

Perempelan

Perempelan tunas samping dilakukan pada tunas yg keluar di ketiak daun. Bertujuan utk memacu pertumbuhan vegetatif tanaman, agar tanaman tumbuh kekar, disamping itu juga menjaga kelembaban pada saat tanaman sudah dewasa. Dilakukan sampai dgn munculnya bunga pertama.

Sanitasi Lahan dan Pengairan

Sanitasi lahan pada budidaya pepaya meliputi : pengendalian gulma/rumput dan pengendalian air saat musim hujan sehingga tidak muncul genangan.
Pengairan diberikan secara terukur, dgn penggenangan atau pengeleban 2 minggu sekali jika tidak turun hujan. Penggenangan jangan terlalu tinggi, batas penggenangan hanya 1/3 dari tinggi bedengan.

Pemupukan Susulan

Pupuk akar diberikan sebulan sekali dgn cara pengocoran, yaitu pada umur 1-4 bulan dosisnya 4kg NPK 15-15-15 dilarutkan dalam 200lt air, tiap tanaman diberikan 1lt. Sedangkan pada umur di atas 4 bulan dosisnya 5kg NPK 15-15-15 dan 1kg ZK dilarutkan dalam 200lt air, tiap tanaman diberikan 1lt.
Pupuk daun kandungan Nitrogen tinggi diberikan pada umur 1 bulan, 2 bulan dan 3 bulan, sedangkan kandungan Phospat dan kalium tinggi diberikan pada umur di atas 6bulan.

Sumber: https://www.kebun.co.id/