Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Berdasarkan Penggunaan Barang

Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Berdasarkan Penggunaan Barang

Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Berdasarkan Penggunaan Barang

Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Berdasarkan Penggunaan Barang

Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan berdasarkan penggunaan barang adalah bahwa barang-barang yang dimiliki oleh instansi tersebut memang benar-benar digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan awal organisasi. Hal inidilakukan agar dapat mengurangi kerusakan pada setiap barangnya. Misalnya, penggunaan komputer yang difungsikan untuk membantu pekerjaan TAS, harus digunakan untuk pekerjaan TAS bukan untuk keperluan lainnya.

  1. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Menurut Keadaan Barang

Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan berdasarkan kondisi barang dilakukan terhadap barang habis pakai dan barang tak habis pakai.

  1. Pemeliharaan untuk barang yang habis pakai terutama ditujukan pada saat penyimpanan sebelum barang tersebut dipergunakan
  2. Pemeliharaan terhadap barang tahan lama seperti:

1)             Mesin-mesin

Mesin-mesin memerlukan pemeliharaan sehari-hari dan pemeliharaan berkala. Pemeliharaan sehari-hari dilakukan oleh pegawai yang diserahi tugas dan tanggungjawab terhadap alat-alat tersebut. Misalnya

 

pembersihan mesin kantor dari debu-debu, disikat pada bagian yang perlu disikat, menutup kembali setelah digunakan, hal-hal kecil seperti itu penting untuk dilakukan karena jika tidak akan mengurangi ketahanan kondisi barang. Untuk mesin pembangkit tenaga listrik perlu diperiksa alat pelumas dan alat pendingin. Tidak hanya sekedar merawat saja, namun juga harus memerhatikan ketentuan pabrik yang sudah dibuat.

2)             Kendaraan

Untuk kendaraan bermotor diperlukan pemeliharaan sehari-hari, berkala, dan perbaikan terhadap kerusakan dengancara:

  1. a)Membersihkan kendaraan
  2. b)Memeriksa air radiator
  3. c)Memeriksa minyak motor
  4. d)Membersihkan dan memeriksa air accu
  5. e)Jika terdapat kerusakan melaporkan ke unit yang mengurus kendaraan untuk mendapat

3)             Alat-alat elektronika

Alat-alat elektronika memerlukan pemeliharaan sehari-hari dan pemeliharaan berkala. Cara pemeliharaannya sama dengan pemeliharaan mesin-mesin kantor. Untuk beberapa peralatan tertentu cara pemeliharaannya ditentukan oleh pabrik yang memproduksi.

sumber :