Pembahasan Tentang Hadits Shahih

Pembahasan Tentang Hadits Shahih

Pembahasan Tentang Hadits Shahih

Pembahasan Tentang Hadits Shahih
Pembahasan Tentang Hadits Shahih

PENGERTIAN HADIS SHAHIH

Kata shahih.( الصحيح) dalam bahasa diartikan orang sehat antonym dari kata as-saqim
( السقيم )orang yang sakit. Jadi yang dimaksudkan hadis shahih adalah hadis yang sehat dan benar tidak terdapat penyakit dan cacat .menurut Shubhi As-Shalih, hadis shahih adalah hadis yang sanadnya bersambung,diriwayatkan oleh periwayat ‘adil dan dhabit hingga bewrsambung kepada Rasullah SAW atau pada sanad terakhir berasal dari kalangan sahabat tanpa mengandung syadz ataupun cacat(‘illat)3.. Dari definisi tersebut dapatdiambil kesimpulan dan kesimpulannya hadis shahih mempunyai 5 kriteria:

a) Sanadnya Bersambung

Yang dimaksud sanadnya bersambung ialah:tiap-tiap periwayat dalam sanadnya bertemu secara langsung( مباشرة ) atau secara hukum ( حكمى) dari awal sampai akhir sanad.

b) Perawinya Bersifat ‘Adil

Para ulama berbeda pendapat tentang krtieria periwayat hadis yang bersifat ‘adil. Tetapi mereka member tujuan yang sama hanya saja penafsirannya yang berbeda. Adapun criteria perawi yang bersifat ‘adil adalah : -Islam.-Mukallaf.-Melaksanakan ketentuan agama.-Memelihara muru’ah.

c) Perawinya Bersifat Dhabit (Memiliki daya ingat yang kuat)

Para perawi memiliki daya ingat yang kuat termasuk soal hafalan. Ini sangat diperlikan dalam rangka menjaga otentisitas hadis. Mengingat tidak seluruh hadis tercatat pada masa awal perkembangan hadis.

d) Tidak ada kejanggalan (syadz)

Dalam hadis shahih tersebut tidak terjadi adanya kejanggalan (syadz) baik dari segi matan maupun sanadnya atau perawi itu sendiri.

e) Tidak ada cacat (‘illat)

Maksudnya suatu hadis bisa terjadi cacat (‘illat) karena ada sebab tersembunyi yang membuat cact keabshahan suatu hadis padahal zhahihrnya (matan) selamat dari cacat tersebut. Besar kemungkinan dikarenakan perawinya seorang fasik,ahli bid’ah,kurang bagus hafalannya.

JENIS-JENIS HADIS SHAHIH

Yakni ada 2 jenis:

a. Shahih Lidzatih
Shahih dengan sendirinya karena telah memenuhi 5 syarat hadis shahih.

b. Shahih Lighayrih
Shahih karena ada sebab yang lain. Yaitu hadis hasan lidzatih karena ada periwayatan yang lain yang mendukung sebab naiknya hadis shahih lighayrih.

KEHUJJAHAN HADIS SHAHIH

Para ulama sepakat menggunakan hadis shahih sebagai hujjah (dalil) dalam bidang hukum,sosial,akhlak,ekonomi,dan sebagainya. Kecuali dalam bidang akidah, hadis shahih yang ahad masih diperselisihkan para ulama.

KITAB-KITAB HADIS SHAHIH

1) Shahih Al-Bukhari
2) Shahih Muslim
3) Shahih Ibnu Khuzaimah
4) Shahih Ibnu Hibban
5) Shahih Ibnu As-Sakan
6) Shahih Al-Albani
7)Mustadrak Al-Hakim

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/khutbah-hari-raya-idul-fitri-menjaga-hati-tiga-pesan-ramadhan/