Pantai Pandawa

Pantai Pandawa

Pantai pandawa adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta selatan. Kabupaten Bandung, Bali. Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering di sebut sebagai pantai Rahasia (Secret Beach). Disekitar pantai ini terdapat tebing yang sangat besar yang paada salah satu sisinya dipahat 5 patung Pandawa dan Kunti. Ke-6 patung tersebut secara berurutan (dari posisi tertinggi) diberi penejasan nama Dewi Kunti, Dhara Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, Sahadewa.

Selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai kegaris pantai. Cukup banyak wisatawanyang melakukan Paralayang dari bukit Timbis hingga ke Pantai Pandawa.

 

3.4  Pertunjukan Tari Barong

Tari Barong merupakan salah satu pertunjukan Tari yang ada di Bali. Masyarakat Bali percaya bahwa makluk-makluk halus tersebut adalah kaki tangan ratu Gede Macaling, penguasasa alam gaib di Lautan Selatan Bali yang beristana di Pura Dalem Ped, Nusa Peninda. Saat itu, seorang pendeta sakti menyarankan masyarakat untuk membuat patung yang mirip Ratu Gede Mecaling, yang sosoknya tinggi besar, hitam dan bertaring, lalu mengaraknya keliling desa. Rupanya, tipuan ini manjur. Para makluk halus ketakutan melihat bentuk tiruan bos mereka lalu menyingkir. Hingga kini, di banyak desa, secara berkala masyarakat mengarak Barong Landung untuk menangkal bencana.

Sumber :

https://littlehorribles.com/