Merek Mie dan Tahu yang Mengandung Formalin

Merek Mie dan Tahu yang Mengandung Formalin

Merek Mie dan Tahu yang Mengandung Formalin
Merek Mie dan Tahu yang Mengandung Formalin

Nurvita Indarini – detikcom

Jakarta – Daftar mie dan tahu yang mengandung formalin bisa bikin mata melotot. Ada 8 merek mie dan tahu yang sempat dicatat dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB POM) Jakarta. Coba teliti daftarnya! Jangan-jangan Anda termasuk salah satu penggemar berat kedua jenis makanan dari merek ini.

8 Merek mie dan tahu ini termasuk dalam 56 dari 98 sampel makanan yang positif mengandung formalin. Delapan merek itu adalah:

Mie Kriting Telor Special Super Mie Ayam ZZ
Mie Bintang Terang
Bakmi Super Kriting Telor ACC
Mie Kriting Jo’s Food
Mie Aneka Rasa
Tahu Bintang Terang
Tahu Kuning Sari
Tahu Takwa Poo yang diproduksi di Kediri.

Untuk mengelabui konsumen, produsen Tahu Kuning Sari tidak segan-segan membubuhkan tulisan di bawah kemasan dengan kata-kata “Bebas formalin dan boraks”. Sementara di kemasan Tahu Takwa Poo tercantum nomor register dari Depkes RI.

“Produk-produk ini bisa lolos karena waktu minta izin, barang yang diajukan tanpa formalin dan boraks, sehingga mereka dapat izin,” ungkap Kepala BB POM Jakarta Atiek Harwati kepada wartawan di kantornya, Jalan Kesehatan Nomor 10, Jakarta, Selasa (27/12/2005).

Senin kemarin, Atiek melansir hasil pengujian BB POM di Jakarta pada November-Desember 2005 terhadap 98 sampel produk makanan yang dicurigai mengandung formalin. Sebanyak 56 sampel positif mengandung formalin.

Sampel diambil dari pasar tradisional dan swalayan di sejumlah wilayah, antara lain Pasar Muarakarang, Muara Angke dan Rawamangun.

Dari 23 sampel mie basah dan kriting, 15 sampel positif mengandung formalin. Demikian juga ikan asin dari 34 sampel, sebanyak 22 sampel positif. Sedangkan tahu dari 41 sampel, 46,3 persen positif berformalin.

Bahan-bahan makanan itu dijadikan sampel dengan cara dicampur zat test kit formalin. Bahan yang mengandung formalin setelah 5 menit warnanya akan berubah menjadi ungu. Sedangkan yang negatif tidak mengalami perubahan warna.(umi)

Baca juga:
Rilis BPOM Soal Produk Berformalin Bingungkan Publik
Ikan Asin, Mie Basah dan Tahu di Jakarta Mengandung Formalin

Sumber : https://forbeslux.co.id/