MENGAPA HARUS FILSAFAT PANCASILA

MENGAPA HARUS FILSAFAT PANCASILA

MENGAPA HARUS FILSAFAT PANCASILA

MENGAPA HARUS FILSAFAT PANCASILA

Mengapa negara Indonesia harus memilih filsafat pancasila sebagai dasar atau pedoman atau pandangan hidup berbangsa dan bernegara (ideologi). Awalnya, ideologi diartikan sebagai kajian terhadap ide.

Pada sisi lain ideologi pada masa-masa awal merupakan teori ide-ide untuk pembangunan lembaga-lembaga masyarakat. Akan tetapi, salah satu penguasa kala itu, Napoleon Bonaparte menyebut orang-orang yang aktif didalamnya (ideologis) dianggap sebagai sekelompok pelamun yang berpikir tidak praktis.

Seiring perkembangan ideologi

yang sebelumnya berkonotasi negatif, kini mengalami perubahan makna menjadi lebih positif. Secara sederhana, ideologi disebut sebagai nilai-nilai atau cita-cita luhur yang dipercayai oleh seseorang, kelompok, masyarakat, bangsa dan negara dalam kesehariannya. Sebagai ideologi, pancasila merupakan nilai, norma, cita, acuan dalam mencapai tujuan bangsa.

Pancasila merupakan ideologi terbuka yang mampu berselaras dengan dinamika kehidupan masyarakat Indonesia. Pancasila sebagai ideologi yang dipilih bukan karena yang paling benar, karena kebenaran mutlak sebuah ideologi bukanlah diskusi di ranah pendidikan.

Namun, yang harus diperhatikan adalah bagaimana pancasila adalah model ideologi satu-satunya yang ada di dunia yang hadir dalam batin dan budaya bangsa Indonesia sejak sebelum merdeka hingga hari ini.


Sumber: https://mediakalimantan.co.id/fatal-raid-apk/