Mendesain strategi operasiona

Mendesain strategi operasional

Ketika menggunakan strategi militer sebagai salah satu instrument dalam mencapai tujuan keamanan nasional, maka diperlukan pengembangan sruktur kekuatan militer. Dalam hal ini, operasionalisasi strategi dengan pembagian misi dan peran masing-masing. Strategi operasional dapat diartikan sebagai ilmu dan seni dalam menyusun, mengatur peran dan perintah dalam sebuah operasi untuk mencapai tujuan keamanan nasional. Gagasan terhadap pengerahan militer adalah kunci dalam memahami strategi operasional.

  1. Memformulasikan strategi pertempuran atau disebut taktik

Setelah menentukan sasaran nasional yang jelas dan dapat diraih, menyusun grand strategi yang terkoordinasi dengan baik, mendesain operasionalisasi strategi, maka langkah terakhir adalah memformulasikan dan melaksanakan strategi pertempuran atau biasa disebut taktik. Bagaimana menggunakan kekuatan di dalam medan peperangan untuk mencapai tujuan keamanan nasional.

Dalam pengertian yang umum, instrumen negara dapat dibedakan dalam tiga klasifikasi,yaitu militer, ekonomi dan diplomatik. Instrumen milliter berkenaan dengan kekuatan angkatan perang negara yang dikerahkan untuk mencapai tujuan nasional. Instrumen ekonomi terkait dengan penggunaan sumber daya material negara untuk mencapai tujuan akhir. Sedangkan diplomatik berkenaan dengan cara posisi politik internasional dan kemampuan diplomatik dalam menunjang pencapaian tujuan. Setiap instrumen dipakai untuk tujuan yang sama, untuk menghasilkan keluaran yang mendukung kepentingan nasional.

sumber:
https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/