Memahami Pendidikan Sosial

Memahami Pendidikan Sosial

            Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.[1]

            Pendidikan sama halnya mempersiapkan dan mengintrospeksi beberapa kekurangan dalam diri kita yang nantinya akan di asah dan di sempurnakan oleh beberapa ilmu yang kita serap dari seorang pendidik tersebut, dan kita akan menjadi lebih baik dari yang sebelumnya serta lebih mudah dalam menangani suatu permasalan, sebagaimana yang telah tertera dalam hadits berikut :

 اد بني ربّي فأ احسن تأ د بيى

“Aku di didik oleh tuhan ku, dan ia telah mendidikku dengan sebaik-baiknya”.[2]

                Dari hadits ini menunjukkan bahwa pendidikan dalam islam harus memiliki unsur dalam makna istilah diatas. Pendidikan dalam Islam adalah pengajaran, instruksi, perbaikan adab dan pembentukan karakter yang baik.

            Sedangkan Sosial merupakan suatu kelompok atau kemasyarakatan yang di dalamnya penuh rasa persaudaraan, saling tolong menolong antara satu sama lain.

Hampir setiap kita mengetahui bahwa manusia adalah makhluk sosial. Bahkan, manusia tidak pernah menjadi manusia sejati tanpa melalui proses sosialisasi, yang tentu saja berlangsung melalui proses interaksi sosial. Namun demikian, tidak banyak dari kita yang merenungi betapa kesosialan manusia bersifat sangat unik, menarik, dan bermanfaat untuk di pelajari.[3]

            Sosial disini bisa juga di artikan suatu kelompok atau kemasyarakatan yang satu sama lainnya sama-sama saling membutuhkan pertolongannya baik dari segi jasmani maupun rohani, manusia sebagai makhluk sosial merupakan peran yang sangat penting dalam sebuah kehidupan demi mewujudkan suatu kepribadian serta beberapa tujuan sehingga manusia tidak mungkin hidup dalam kesendirian tanpa bantuan orang lain (sosialisasi), jika seandainya manusia hidup sendiri tanpa adanya faktor sosialisasi maka suatu saat orang tersebut akan rapuh dengan sendirinya, maka dari itu sangatlah banyak manfaat dari berkehidupan sosial atau bermasyarakat.

Sumber :

https://littlehorribles.com/