MASALAH SUMBER DAYA ALAM

MASALAH SUMBER DAYA ALAM

MASALAH SUMBER DAYA ALAM

MASALAH SUMBER DAYA ALAM

Meskipun sumber daya alam adalah

struktur pendukung dasar kehidupan, terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat mendatangkan konflik. Sumber daya alam

terlalu sedikit, di banyak wilayah di dunia, berpadu dengan sumber daya yang terbatas, surplus penduduk hingga degradasi lingkungan telah menghasilkan kemiskinanekstrim dan ketimpangan pendapatan. Hal ini pada gilirannya telah memicu keluhan, pemberontakan dan konflik di masyarakat.

Terlalu banyak sumber daya alam: masalah ini bahkan lebih besar di kawasan-kawasan dengan sumber daya berlebihan. Keserakahan, korupsi, dan konflik dari distribusi pendapatan, kepemilikan, dan akses telah memicu konflik lokal dan internasional.

Sebagai contoh di Papua Nugini, tambang tembaga Panguna yang pernah menjadi tambang terbuka terbesar di dunia adalah pusat konflik kekerasan. Dikembangkan pada tahun 1960-an, penduduk setempat marah tentang gaji yang tidak adil antara lokal dan asing, eksploitasi sumber daya komunitas, sampai akhirnya konflik ini terus berlanjut bahkan setela tambang ditutup.

Konflik tidak hanya terjadi di komunitas lokal. Pihak ketiga termasuk negara maju juga menaruh minat yang ekstrem terhadap kekayaan dari sumber daya alamdi wilayah lain. Misalnya perang saudara di Kongo, sebagian dibina oleh negara-negara tetangga yang mencari bahan mentah.


Sumber: https://mvagusta.co.id/ridge-racer-slipstream-apk/