Lintah hirudo medicinalis ternyata mempunyai banyak manfaat

Lintah hirudo medicinalis ternyata mempunyai banyak manfaat

Tahukah anda bahwa didunia ini berbagai macam jenis hewan sudah ditemukan, diteliti dan diberikan nama setiap individunya untuk mengelompokkan agar hewan itu lebih mudah dalam mengenalnya. Banyak sekali jenis hewan yang anda, sehingga perlunya pengelompokkan sangat diperlukan, dimulai dari polusi, suku, ordo, family, genus, filum, kelas dan lainnya. Ya semua itu bertujuan untuk memudahkan dalam mengenalinya.

Pengelompokan pengelompokan diatas salah satunya adalah filum, didalam filum terdapat kelas dan terdapat jenis hewanya, dan salah satunya adalah filum Annelida. Didalam filum Annelida terdapat 3 kelas, dan kelas yang paling populer adalah kelas Hirudinea, ya semua itu karena kelas hirudinea memiliki banyak kelebihan, dan kelebihan kelebihan tersebut akan kita ketahui diartikel dibawah ini.

Kelas Hirudinea, pemberian nama Hirudinea tersebut berasal dari kata zat hirudin, zat hirudin sendiri adalah zat/senyawa berfungsi untuk melancarkan/mengencerkan peredaran darah pada pembuluh darah kapiler. Perlu anda ketahui zat yang dihasilkan dari hewan dalam kelas Hirudinea ini banyak manfaatnya dalam bidang terapi pengobatan, diantara seperti mengatasi penyumbatan pembuluh darah, melancarkan aliran darah serta sering kali digunakan oleh para ahli medis ketika malakukan operasi kecil seperti pada tangan ataupun jari, dia berguna melancarkan dan juga memicu aliran darah.

Lintah adalah

Lintah adalah salah satunya hewan dari sekian banyak hewan yang hidup didunia, hanya hewan lintahlah yang memiliki kandungan tersebut, yaitu kandungan zat hirudin. Banyak sekali lintah yang sudah ditemukan didunia ini, sekitar 600 jenis lintah yang sudah ditemukan namun hanya beberapa saja yang memiliki kandungan yang bermanfaat. Ada beberapa jenis lintah yang mempunyai kegunaan, diantaranya adalah spesies hirudo, hirudo medicinalis, hirudo verbana, hirudo troctina dan hirudo orientalis.

Dari keempat sepesies hirudo tersebut ada satu jenis spesies yang sering digunakan untuk terapi pengobatan, zaitun adalah spesies hirudo medicinalis. Lintah hirudo medicinalis memiliki ciri tubuh bersegmen, dengan warna kulit hitam kecoklatan, dan dapat ditemui pada tempat yang berair tawar seperti sungai, rawa, danau, kolam, dan juga sawah. Di negara-negara barat spesies lintah jenis ini disebut-sebut sebagai obat Eropa, ya semua itu dikarenakan kandungan yang dimilikinya bermanfaat untuk berbagai terapi pengobatan.

Beberapa masalah kesehatan yang dapat diobati dengan terapi lintah adalah yang berhubungan dengan kulit, seperti bisul, jerawat, herpes, sakit gigi, diabetes, dan masalah kulit lainya. Beberapa kandungan yang ada pada spesies hirudo dapat ditemukan pada minyak lintah asli ataupun air liur yang dihasilkannya. Di Indonesia sendiri lintah jenis ini mempunyai banyak sebutan, seperti lintah sawah, lintah Papua, lintah kerbau, lintah rawa dan lain sebagainya.

Nah itulah pengenalan tentang lintah hitam hirudo medicinalis yang sering disebut sebut seseorang sebagai parasit saja dan kenyataanya justru memiliki banyak kandungan yang berguna, berguna untuk kelangsungan hidup manusia. Cukup sekian dan semoga bermanfaat.

Baca juga: