Langkah- Langkah Metode Problem Solving

Langkah- Langkah Metode Problem Solving

Langkah- Langkah Metode Problem Solving

Langkah- Langkah Metode Problem Solving

Langkah-langkah metode Problem Solving sebagai berikut:

  1. Merumuskan masalah.

Adanya masalah yang jelas untuk dipecahkan. Masalah ini harus tumbuh dari peserta didik sesuai dengan taraf kemampuan peserta didik.

  1. Menelaah masalah.

Peserta didik mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan msalah tersebut. Misalnya dengan membaca buku-buku, meneliti, bertanya, dan lainnya.

  1. Merumuskan hipotesis.

Menetapkan jawaban sementara dari masalah tersebut. Dugaan jawaban ini tentu saja didasarkan kepada data yang telah diperoleh pada langkah kedua diatas.

  1. Mengumpulkan dan mengelompokkan data sebagai pembuktian hipotesis.

Menguji kebenaran sementara tersebut. Dalam langkah ini peserta didik harus berusaha memcahkan masalah sehingga betul-betul yakin bahwa jawaban tersebut betul-betul cocok. Apakah sesuai dengan jawaban sementara atau sama sekali tidak sesuai. Untuk menguji kebenaran jawaban ini tentu saja diperlukan metode-metode lainnya seperti demonstrasi, tugas dan diskusi.

  1. Pembuktian hipotesis.

Hasil pengumpulan data dan informasi dari penelitian masalah tersebut peserta didik dapat membuktikan kebenaran sementara dengan hasil.

  1. Menentukan penyelesaian masalah.

Menarik kesimpulan. Artinya peserta didik harus sampai kepada kesimpulan terakhir tentang jawaban dari masalah yang telah diteliti atau dicari pemecahan masalahnya.


Sumber: https://urbanescapesusa.com/speed-car-racing-apk/