Konsep Manusia

 Konsep Manusia

Manusia dapat ditinjau dari dua sudut pandang, yaitu manusia sebagai makhluk holistik dan manusia sebagai sistem.

  1. Manusia Sebagi Makhluk Holistik

Manusia sebagai makhluk holistik merupakan makhluk yang utuh atau paduan dari unsur biologis, psikologis, sosial dan spiritual.

Sebagai makhluk biologis manusia tersusun atas sistem organ tubuh yang digunakan untuk mempertahankan hidupnya mulai dari lahir, tumbuh kembang hingga meninggal.

Sebagai makhluk psikologis manusia memiliki struktur kepribadian, tingkah laku sebagai manifestasi kejiwaan dan kemampuan berpikir serta kecerdasan.

Sebagai makhluk sosial  manusia perlu hidup bersama orang lain, saling bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan hidup, mudah dipengaruhi kebudayaan serta dituntut untuk bertingkah laku sesuai dengan harapan dan norma yang ada.

Sebagai makhluk spiritual manusia memiliki keyakinan, pandangan hidup dan dorongan hidup yang sejalan dengan keyakinan yang dituntunya.

  1. Manusia Sebagai Sistem

Manusia sebagai sistem terdiri atas sistem adaptif yang merupakan proses perubahan individu sebagai respon terhadap perubahan lingkungan yang dapat mempengaruhi integritas atatu keutuhan.

Sebagai sistem personal, manusia memiliki proses persepsi dan bertumbuh kembang.

Sebagai sistem interpersonal, manusia dapat berinteraksi, berperan dan berkomunikasi terhadap orang lain.

Sedangkan sebagai sistem sosial, manusia memiliki kekuatan dan wewenang dalam pengambilan keputusan di lingkungannya, baik dalam keluarga, masyarakat maupun lingkungan pekerjaan.

sumber :

https://www.ram.co.id/gb-whatsapp-apk/