KONSEP DASAR EKONOMI TEKNIK

KONSEP DASAR EKONOMI TEKNIK

KONSEP DASAR EKONOMI TEKNIK

KONSEP DASAR EKONOMI TEKNIK

 

Pengertian Wirausaha

Pengertian Wirausaha  adalah  orang  yang  mengorganisasikan  dan  mengelola  sendiri suatu kegiatan  usaha dengan  menanggung  resiko  atas  usahanya  itu.  Ia bertanggung jawab  atas  usahanya,  resiko  finansial, material  dan  sumber daya manusia yang adadi dalam usahanya. Wirausaha biasanya bertindak selaku pemilik pimpinan atau manager dan sekaligus sebagai operator dari kegiatan usahanya.

Pengertian  wirausaha adalah berasal dari kata wira dan usaha. Wira berasal dari bahasa sansekerta, yang berarti manusia unggul, teladan, berbudi luhur, berjiwa  besar,  berani,  pendekar  kemajuan,  memiliki  keagungan  watak. (Buchari,  1999).  Sedangkan usaha  adalah  proses  yang  dilakukan  untuk mencapai suatu tujuan tertentu.Ekonomi teknik adalah  memuat tentang bagaimana membuat sebuah keputusan (decision making) dimana dibatasi oleh ragam permasalahan yang berhubungan dengan seorang engineer sehingga menghasilkan pilihan yang terbaik dari berbagai alternatif pilihan.

 

 

Keputusan yang diambil berdasarkan suatu proses analisa:

Teknik dan perhitungan ekonomi.Engineering (rekayasa) adalah profesi/disiplin dimana pengetahuan tentang matematika  dan  ilmu  pengetahuan  alam  yang  diperoleh  dengan  studi, pengalaman,  dan  praktek  dipergunakan  dengan  bijaksana  dalam mengembangkan  cara-cara  untuk  penggunaan  secara  ekonomis  bahan-bahan dan sumber alam untuk kepentingan umat manusia.Dari  definisi  ini  aspek-aspek  ekonomi  dari  engineering (Engineering Economic/  Ekonomi  Teknik)  dititik  beratkan  pada  aspek-aspek  fisik.

Jelas, bahwa  pada  dasarnya  ekonomi  merupakan  bagian  dari  engineering  yang dilaksanakan dengan baik.Alternatif-alternatif timbul karena adanya keterbatasan dari sumber daya (manusia, material, uang, mesin, kesempatan,dll). Dengan berbagai alternatif yang ada tersebut maka diperlukan sebuah perhitunganuntuk mendapatkan pilihan yang terbaik secara ekonomi, baik ketika membandingkan berbagai alternative rancangan, membauat keputusan investasi modal, mengevalusai kesempatan finansial dll.

 

 

Analisa ekonomi teknik melibatkan pembuatan keputusan:

Terhadap berbagai penggunaan sumber daya yang terbatas. Konsekuensi terhadap hasil keputusan biasanya berdampak jauh ke masa yang akan datang, yang konsekuensinya itu tidak bisa diketahui secara pasti , merupakan pengambilan keputusan dibawah ketidakpastian.

Sehingga penting mengetahui:

  • Prediksi kondisi masa yang akan datang
  • Perkembangan teknologi
  • Sinergi antara proyek-proyek yang didanai

Namun demikian keputusan-keputusan yang diambil (sekalipun dengan berbagai presikdi-prediksi yang masuk akal) terkadang terdapat juga perbedaan terhadap kenyataannya, yang lebih dikenal RISIKO. Dalan pengambilan keputusannya yang berdasar faktor-faktor (parameter) tertentu yang tidak diketahui dengan pasti mengharuskan kita menganalisa sebesara besar pengaruh faktor-faktor tersebut saling mempengaruhinya, yang dikenal analisis SENSITIVITAS

 

 

Sumber-sumber ketidakpastian:

  • Kemungkinan ketidakakuratan estimasi yang digunakan dalam analisis
  •  Jenis bisnis yang berkaitan dengan kesehatan perekonomia masa depan
  • Jenis fisik bangunan dan peralatan yang digunakan
  • Lama (waktu) periode yang diasumsikan

 

Baca Juga Artikel Lainnya: