KOMPLEKS CANDI PRAMBANAN

KOMPLEKS CANDI PRAMBANAN

KOMPLEKS CANDI PRAMBANAN

KOMPLEKS CANDI PRAMBANAN

Kompleks Candi Prambanan memiliki keunikan tersendiri dari bangunan bersejarah lainnya. Kompleks Candi Prambanan tak cuma berisi satu candi saja melainkan banyak candi yang memiliki ukuran berbeda.

Kompleks Candi Prambanan memiliki 3 Candi Trimurti yang dipersembahkan untuk tiga dewa utama yakni Siwa, Wisnu dan Brahma. Lalu ada 3 Candi Wahana yang terdiri atas Candi Nandi, Garuda dan Angsa.

Kemudian, ada dua Candi Apit yang terletak di barisan Candi Trimurti dan Wahana. Lalu empat Candi Kelir yang terletak di empat penjuru mata angin. Empat Candi Patok di empat sudut halaman dalam dan 224 Candi perwara yang berada dalam susunan empat barisan konsentris.Sehingga total, Candi Prambanan memiliki 240 candi dalam kompleksnya.

1. CANDI SIWA

Candi Siwa adalah candi utama yang memiliki bangunan terbesar sekaligus tertinggi.Pada Candi Siwa terdapat relief yang menceritakan kisah Ramayana. kisah relief tersebut terukir di dinding dalam pada pagar Langkan.

2. CANDI BRAHMA DAN CANDI WISHNU

Dua candi berikutnya adalah candi yang dipersembahkan kepada Dewa Wishnu dan Dewa Brhama. Dalam candi tersebut terdapat Arca Dewa Brahma dan Dewa Wishnu yang diperkirakan memiliki ketinggian hampir tiga meter.

3. CANDI WAHANA

Di depan Candi Trimurti atau candi tiga dewa ada tiga Candi Wahana. Candi Wahana merupakan candi yang dibangun dengan berisikan para wahana tiga dewa. Seperti angsa milik Brahma, Garuda milik Wisnu dan lembu Nandi milik Siwa.

4. CANDI APIT, CANDI KELIR DAN CANDI PATOK.

Diantara barisan candi-candi utama, terdapat candi apit yang berukuran sama dengan Candi Perwara. Selain Candi Apit ada 8 candi kecil berupa kuil kecil untuk menaruh sesajen. 8 kuil kecil itu terdiri atas empat Candi Kelir dan empat Candi Patok

5. CANDI PERWARA

Candi Perwara merupakan barisan candi pengawal atau pelengkap yang mengurung dua halaman dalam. Candi Perwara tersusun sesuai empat penjuru mata angin. Candi Perwara terdiri atas 224 candi yang berada dalam empat baris konsentris.

Bentuk Candi Perwara dirancang sama dan kecil-kecil mengelilingi candi utama dengan ukuran sekitar 6×6 meter dengan tinggi 14 meter. Terkait jumlahnya yang di posisikan dalam empat baris, banyak yang menghubungkannya dengan sistem empat kasta dalam agama Hindu yakni kasta brahmana ksatria dan sudra.


Baca Juga :