KEBUDAYAAN SENI TARI DARI INDONESIA YANG MENDUNIA

KEBUDAYAAN SENI TARI DARI INDONESIA YANG MENDUNIA

KEBUDAYAAN SENI TARI DARI INDONESIA YANG MENDUNIA

KEBUDAYAAN SENI TARI DARI INDONESIA YANG MENDUNIA

1. TARI BEDHAYA SANG AMURWABHUMI

Tarian yang menceritakan kisah asmara dan kepemimpinan yang diciptakan oleh Sultan HB X untuk menghormati dan mengenang ayah beliau, Sri Sultan HB IX.

2. TARI RATEB MEUSEUKAT

Tarian dari bumi Serambi Mekah, atau yang dikenal dengan tarian Ratéb Meuseukat menampilkan barisan para penari yang bersila di lantai. Kebudayaan Aceh ini terkenal karena kecepatan personilnya serta kekompakan gerak tubuh sembari menyanyi.

3. TARI SAMAN

Masih dari bumi Serambi tarian Aceh ini dipraktikan secara berjamaah dengan kekompakannya yang sangat solid. Masing-masing penari mampu menggerakkan tubuhnya secara bersamaan selaras dengan suara musik yang dinamis.

4. TARI REOG PONOROGO

Tarian Reog Ponorogo lahir dan populer di Jawa Timur dengan tokoh berupa Warok dan Gemblak yang pasti muncul di setiap pertunjukannya. Tari Reog Ponorogo kerap identik dengan nuansa mistik sering mempertontonkan adegan ‘diluar nalar’ yang dapat membuat kagum para penonton. Hal itu juga yang membuat Reog Ponorogo bisa dikenal sampai luar Indonesia.

5. TARI PENDET

Tarian yang berasal dari Bali ini melukiskan sambutan atas turunnya dewata ke dunia. Tari Pendet sering juga dipertunjukan untuk menyambut para wisatawan local atau wisatawan asing yang berkunjung ke Bali.

6. TARI KECAK

Tari yang berisikin kaum pria ini juga merupakan salah satu kesenian khas dari Bali. Penari dengan jumlah yang banyak tersebut akan berbaris secara melingkar diiringi sebuah irama yang keluar dari masing-masing penarinya, dengan menyebutkan kata ‘cak’ berulang-ulang sambil mengangkat kedua tangan mereka.

7. TARI KLASIK KERATON SURAKARTA

Tarian ini merupakan tradisi di lingkungan kraton Surakarta yang harus dijaga dan dilestarikan. Segala unsur mulai dari gerakan tubuh, kostum hingga musik memiliki aturan tersendiri. Para penonton akan dipertontonkan seni pentas yang anggun, rapi dan penuh makna.

Beragam budaya unik serta menarik di Indonesia tersebut semakin kesini semakin terancam keberadaannya. Selain serangan budaya barat yang tidak kenal ampun merasuk ke seluruh sendi kehidupan kita, para pemuda-pemudi Indonesia sendiri bersikap seakan bersikap tidak peduli dan terkesan lebih bangga apabila menggunakan barang barang luar negeri.

Mulai dari model pakaian, gaya rambut, makanan, hingga pergaulan bebas juga ikut mereka ambil dari luar tanpa disaring dahulu. Fenomena Demam Korea yang akhir-akhir ini meluas cukup menjadi bukti akan lemahnya kepribadian serta karakter remaja kita. Teknologi informasi sangat terasa perannya di sini, kemajuan teknologi yang memberi tawaran kemudahan akses berita membawa efek yang luar biasa.

Ketika di usia remaja menjadi saat-saat ketika proses pencarian jati-diri sedang berlangsung, rasa penasaran dan keingintahuan sangat mendominasi pikiran. Orang-tua merupakan pihak paling penting karena mereka harus berdiri di barisan paling depan dalam membimbing, mengarahkan serta menangkis semua pemahaman atau ideologi negatif yang dapat mempengaruhi pikiran para remaja kita.


Baca Juga :