GENERASI BAHASA PEMROGRAMAN

GENERASI BAHASA PEMROGRAMAN

GENERASI BAHASA PEMROGRAMAN

GENERASI BAHASA PEMROGRAMAN

1. GENERASI I

Bahasa pemrograman generasi I adalah bahasa yang pertama kali dibuat dan biasa disebut sebagai bahasa mesin (machine language). Bahasa ini diorientasikan pada mesin. Bahasa mesin ini sulit dimengerti oleh masyarakat awam. Selain itu, bahasa ini sangat bergantung dengan mesin yang berarti antara mesin yang satu dengan mesin yang lain akan memiliki bahasa yang berbeda.

2. GENERASI II

Bahasa komputer generasi II menggunakan bahasa yang dirakit dari bahasa manusia. Bahasa ini disebut sebagai bahasa assembly. Bahasa pemrograman generasi II lebih mudah dipahami dibandingkan dengan bahasa mesin. Bahasa yang digunakan pada generasi II ini adalah kependekan dari bahasa manusia sehingga lebih mudah diingat. Contohnya adalah MOV untuk MOVE.

3. GENERASI III

Bahasa pemrograman generasi III disebut sebagai bahasa tingkat tinggi. Bahasa ini menggunakan pendekatan prosedural. Para programmer akan menuliskan instruksi secara rinci menggunakan bahasa yang sama dengan bahasa manusia. Contohnya adalah READ untuk membaca data dari keyboard. Contoh bahasa yang masuk dalam kategori ini adalah ADA, ALGOL, C, BASIC, dan COBOL.

4. GENERASI IV

Bahasa komputer generasi ke IV ini dapat meningkatkan produktivitas dari pemrogram karena memang dirancang untuk mengurangi waktu pemrograman dalam membuat suatu program. Bahasa pemrograman generasi ke IV ini biasa disebut sebagai 4GL yang memungkinkan untuk digunakan oleh orang yang tidak memahami hal-hal teknis dari suatu program.

Bahasa komputer generasi ke IV adalah bahasa yang berorientasi pada masalah. Hal ini memungkinkan operator atau pengguna dapat menyelesaikan masalah dengan sedikit menuliskan kode dibandingkan dengan bahasa prosedural (generasi III). Bahasa generasi ke IV ini menggunakan pendekatan non prosedural.

5. GENERASI V

Bahasa pemrograman generasi ke V merupakan kelompok bahasa yang dibuat untuk menciptakan program kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan ini adalah suatu ilmu komputer yang mempelajari cara komputer untuk meniru kecerdasan manusia. Contoh penggunaan bahasa generasi ke V ini adalah PROLOG dan LISP.


Baca Juga :