Fungsi Dan Peranan Tari

Fungsi Dan Peranan Tari

Fungsi Dan Peranan Tari

Fungsi Dan Peranan Tari

        sebagai suatu kegiatan seni tari memiliki beberapa fungsi, yaitu seni tari ssebagaisaranaa upacara ,seni tari sebagai hiburan, seni tari sebagai media pergaulan,seni tarisebagai penyaluran terapi,seni tari sebagai media pendidikan , seni tari sebagai pertunjukan.
a).Sebagai sarana upacara tari dapat digunakan sebagai sarana upacaraa.jenis tari ini banyak     macamnya,seperti tari untuk upacara keagamaan dan upacaraa penting dalam kehidupan manusia.

b).Seni sebagai hiburan tari sebagai hiburan harus bervariasi sehingga tidak menjemuhkan dan menjenuhkanoleh karena itu ,jenis ini menggunakan tema yang sederhana,tidak muluk muluk,diiiringi lagu yang enak dan mengasikkan..kostum dan tata panggungnya dipersiapkan dengan cara yang menarik.

c).Seni tari sebagai penyaluran terapi Jenis tari ini biasaanya di tunjukan untuk penyandang cacat fisik atau cacat mental.Penyaluran dapat dilakukan seecara langsung bagi penderita cacat tubuh atau penderita tuna wicara dan tuna rungu , dan secara tidak langsung bagi penderita cacat mental. Pada masyarakat timur, jenis tarian ini menjadi pantangan karna rasatak sampai hati.

d).Seni tari sebagai media pendidikan kegiatan tari dapat dijadikan media pendidikan, seperti mendidik anak untuk  bersikap dewasa dan menghindari tingkah laku yang menyimpang. Nilai nilai keindahan dan keluhuran pada seni tari dapat mengasah perasaan seseorang.

4.Contoh Tarian Tradisional

v  Tari Nguri

Tari Nguri merupakan tari kreasi baru yang bertemakan penyambutan dan persembahan. Tari ini pada mulanya diilhami oleh suasana kehidupan seputar istana sumbawa, ketika raja ditimpa duka beruntun, maka beberapa wanita datang menghadap dengan tujuan menghibur, melahirkan ucapan yang lemah lembut (menyentuh), istilah daerahnya disebut “Kuri”, sembari mempersembahkan sesuatu yang mengurangi kedukaan sang raja. pada dewasa ini Tari Nguri telah dihayati masyarakat pendukungnya. Sesuai tuntutan perkembangan zaman maka tari ini semakin membuka jendela wawasannya, sebagian tari penyambutan dalam menerima kunjungan kerja tamu terpandang dari pusat. Nampak jelas dalam gerak tari ini tercermin gerak tanak, renat, linting, sere, basalunte, dan lain-lain yang merupakan Tari Sumbawa.

sumber :
https://indrapura.co.id/2020/06/seva-mobil-bekas/