Faktor Penyebab Terbentuknya Masyarakat Multikultural

Faktor Penyebab Terbentuknya Masyarakat Multikultural

Faktor Penyebab Terbentuknya Masyarakat Multikultural

 

Faktor Penyebab Terbentuknya Masyarakat Multikultural

Terbentuknya Masyarakat Multikultural

Terbentuknya masyarakat multikultural disuatu wilayah disebabkan oleh beberapa faktor untuk itu kita perlu mempelajari hal tersebut bersama-sama. Marilah kita simak bersama pemaparan faktor yang dapat memengaruhi terbentuknya masyarakat multikultural.

Faktor Kondisi Geografis

Faktor penyebab terbentuknya masyarakat multikulturan yang pertama adalah pengaruh kondisi geografis. Perbedaan-perbedaan yang menyangkut keadaan alam di negara kita ini disadari atau tidak telah memengaruhi keaneka-ragaman masyarakatnya.
Masyarakat yang tinggal di lereng pegunungan memiliki upaya sendiri untuk mempertahankan hidupnya, dengan lebih memilih mata pencaharian yang berkaitan dengan relief alam pegunungan, dan akhirnya mereka melahirkan kebudayaan sendiri.
Begitu pula dengan orang-orang di tepi pantai, mereka tidak mungkin akan sama usahanya dengan orang-orang yang tinggal di lereng pegunungan. Mereka lebih memanfaatkan laut untuk mempertahankan hidupnya atau untuk menggali sumber pendapatan mereka, yaitu dengan menjadi nelayan.
Pada dasarnya, keadaan alam atau geografis suatu wilayah tidak menentukan kebudayaan suatu masyarakat, melainkan hanya pada corak kebudayaannya. Corak kebudayaan tersebut muncul dari kepribadian orang-orang yang hidup di sekitarnya. Misalnya, seorang nelayan memiliki corak kebudayaan yang ditandai dengan kepribadian yang keras, karena kehidupannya selalu dekat dengan ombak yang menderu, angin yang kencang, dan lain sebagainya.

Pengaruh Kebudayaan Asing

Faktor penyebab terbentuknya masyarakat multikultural yang kedua adalah pengaruh kebudayaan asing. Kita tahu bahwa letak negara kita yang berada di antara dua samudra besar, yaitu samudra Hindia dan Pasifik, serta dua benua besar, yaitu Benua Asia dan Australia merupakan daya tarik tersendiri bagi bangsa asing untuk singgah, bahkan menetap di sini. Posisi demikian ini sangat memengaruhi masuknya budaya asing ke negara kita.
Melalui para pedagang asing, pengaruh kebudayaan dan agama masuk ke negara kita. Masih ingatkah kamu bagaimana Islam masuk ke Indonesia? Islam pertama kali masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan yang memanfaatkan kondisi geografis Indonesia.
Pada saat itu banyak para pedagang dari Gujarat yang singgah di pelabuhan-pelabuhan besar di Indonesia. Sambil berdagang mereka menyebarkan ajaran agama Islam kepada penduduk di sekitar pelabuhan untuk kemudian disebarluaskan ke seluruh penjuru pulau tersebut.
Namun bukan hanya itu saja yang dapat mempermudah masuknya budaya asing ke negara kita. Keterbukaan masyarakat kita dalam menerima budaya asing juga dapat memengaruhi terjadinya masyarakat multikultural. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih, pengaruh kebudayaan asing dapat dengan mudah masuk ke negara lain.

Pengaruh Budaya Asing

Perlu kamu ingat, bahwa pengaruh budaya asing yang masuk ke negara kita tidak selamanya baik dan positif bagi masyarakat kita. Rantai Makanan Perlu ada seleksi yang ketat untuk hal itu. Jadi tidak semua nilai budaya asing itu kita terima dengan terbuka.
Oleh karena itu, setiap budaya asing yang masuk ke negara kita harus kita seleksi dan kita sesuaikan dengan nilai-nilai kebudayaan masyarakat kita. Karena budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan kita sendiri akan berbahaya bagi kelangsungan hidup bangsa ini.