Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penetapan Harga

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penetapan Harga :

  1. Faktor Internal

1)      Tujuan Pemasaran Perusahaan ;

(makimalisasi laba;   mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan; meraih pangsa pasar yang besar; menciptakan kepeminpinan dlm hal kualitas; mengatasi persaingan; melaksanakan tanggung jawab sosial ; dll.)

2)      Strategi Buran Pemasaran ;

(harga perlu dikoordinasikan dan saling menduung dengan bauran pemasaran  lainya yaitu pruduk, ditribusi dan promosi )

3)      Biaya ;

(merupakan faktor ygpaling menetukan harga minimalyang harus ditetapkan agar perusahaan tdk mengalami kerugian, dalam hal ini biaya tetap dan variabel)

4)      Organisasi ;

–          Manajemen perlu memutuskan siapa di dalam organisasi yang harus menetapkan  harga.

–          Setiap perusahaan menangani masalahpenetapan harga menurut caranya masing-masing.

–          Pada perusahaan kecil, umumnya harga ditetapkan oleh manajemen puncak.

–          Pada perusahaan besar, seringkali masalah penetapan harga ditangani oleh devisi atau manajer suatu lini produk.

–          Dalam pasar Industri, para wiraniaga diperkenankan untuk bernegoisasi  dengan pelanggannya guna menetapkan rentang (range) harga tertentu.

–          Dalam indutri  penetapan harga merupakan  faktor kunci (misalnya perusahaan minyak, penerbangan luar angkasa)  biasanya setiap perusahaan memiliki departemen penetapan harga tersendiri yang bertanggung jawab kepada dept. Pemasaran atau manajemen puncak.

–          Pihak-pihak lain  yang mempunyai pengaruh terhadap penetapan harga  adalah manajer penjualan, manajer produksi, manajer keuangan dan akuntan

  1. Faktor Ekternal

1)      Sifat Pasar dan Permintaan; setiapperusahaan perlu memahami sifat dan permintaan yang dihadapinya, apakah termasuk pasar persingan sempurna, persaingan monopolistik, oligopoli, atau monopoli.  Faktor lain yang tdk kalah pentingnya adalah elastisitas permintaan

2)      Persaingan;( Porter )

Ada lima kekuatan pokok yang berpengaruh dalam persaingan suatu industri :

  1. Persaingan dalam industri yang bersangkutan
  2. Pruduk Substitusi
  3. Pemasok
  4. Pelanggan dan
  5. Ancaman-ancaman baru

Informasi yg dibutuhkan untuk menganalisis karakteritik persaingan yg dihadapi :

  1. Jumlah Perusahaan dalam Industri
  2. Ukuran relatif setiap anggota dalam Industri
  3. Deferensiasi Produk
  4. Kemudahanuntuk memasuki industri yg bersangkutan

sumbaear :

https://bingkis.co.id/seva-mobil-bekas/