Dianjurkan menggunakan software open source

Dianjurkan menggunakan software open source

Dianjurkan menggunakan software open source

Kenapa dianjurkan menggunakan software open source dalam membuat aplikasi, lalu apa keuntungan dan kerugiannya kita menggunakan software open source. Pengertian Software open source itu sendiri adalah software yang membuka atau membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Contoh software open source, yaitu linux, perl, php, dan java.
Suatu software dapat disebut open source bila distribusinya memenuhi kriteria-kriteria berikut lisensi software tersebut tidak boleh membatasi suatu pihak untuk menjual atau memberikan software, baik software yang berdiri sendiri maupun software yang menjadi komponen software lain, program harus menyertakan kode sumber dan harus memungkinkan pendistribusian dalam bentuk kode sumber maupun terkompilasi, lisensi harus memungkinkan modifikasi dan pekerjaan turunan, serta harus memungkinkan mereka didistribusikan berdasarkan syarat-syarat yang sama dengan yang ada pada lisensi software awal.
Software-software yang didistribusikan secara open source memiliki keuntungan-keuntungan sebagai berikut dibandingkan dengan software-software yang didistribusikan secara closed source, yaitu
meningkatnya reliabilitas, oleh karena kode sumber untuk program-program open source tersedia secara bebas maka program yang dibuat oleh seseorang ataupun sesuatu organisasi akan mendapatkan review dari rekan-rekannya ataupun pihak-pihak lain, hal ini mengakibatkan program-program open source mempunyai reliabilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan program-program closed source (proprietary).
ketersedian source code dan hak untuk memodifikasi, hal ini menyebakan perubahan dan improvisasi pada produk software, hak untuk mendistribusikan modifikasi dan perbaikan pada code, hak untuk menggunakan software ini merupakan kombinasi dari hak pendistribusian, menjamin ( jika software cukup berguna ) beberapa user yang mana membantu dalam menciptakan pasar untuk mendukung dan berlangganan software. Hal ini juga membantu dalam improvisasi kualitas dari produk dan improvisasi secara fungsi.
Meningkatnya keamanan. Selain itu dengan tersedianya kode sumber maka segala kesalahan yang terdapat dalam program, misalnya kesalahan logika ataupun kesalahan pengkodean, dapat segera diperbaiki tanpa perlu menunggu waktu yang lama, karena seseorang yang menemukan kesalahan tersebut dapat saja segera memperbaikinya dan mengirimkan perbaikan tersebut ke Internet atau bila ia tidak mampu memperbaikinya ia dapat memberitahu pihak-pihak lain.

Selain memiliki kelebihan software open source juga memiliki kerugian – kerugian, yaitu
Tidak ada garansi dari pengembangan, biasanya terjadi ketika sebuah project dimulai tanpa dukungan yang kuat dari satu atau beberapa perusahaan, memunculkan celah awal ketika sumber code masih mentah dan pengembangan dasar masih dalam pembangunan,
Masalah yang berhubungan dengan intelektual property, pada saat ini, beberapa negara menerima software dan algoritma yang dipatentkan. Hal ini sangat sulit untuk diketahui jika beberapa motede utama untuk menyelesaikan masalah software di patenkan sehingga beberapa komunitas dapat dianggap bersalah dalam pelanggaran intelektual property,
Kesulitan dalam mengetahui status project,tidak banyak iklan bagi open source software, biasanya beberapa project secara tidak langsung ditangani oleh perusahaan yang mampu berinvestasi dan melakukan merketing.

Alasan kenapa kita menggunakan software open source adalah
Kita dianjurkan menggunakan software open source dalam membuat aplikasi karena jika menggunakan software open source dalam aplikasi kita maka aplikasi yang kita buat itu legal / tidak illegal dan kita tidak repot lagi harus membeli lisensinya. Selain itu dengan software open source kita bisa memodifikasi source codenya sesuai dengan improvisasi kita.

Baca Juga :