Dampak Negatif Pertumbuhan Penduduk

Dampak Negatif Pertumbuhan Penduduk

dampak negatif pertumbuhan penduduk lainnya adalah sebagai berikut:

  • Lahan tempat tinggal dan bercocok tanam berkurang
  • semakin banyaknya polusi dan limbah yang berasal dari rumah tangga, pabrik, perusahaan, industri, peternakan, dll
  • Angka pengangguran meningkat
  • Angka kesehatan masyarakat menurun
  • Angka kemiskinan meningkat
  • Pembangunan daerah semakin dituntut banyak
  • Ketersediaan pangan sulit
  • Pemerintah harus membuat kebijakan yang rumit
  • Angka kecukupan gizi memburuk
  • Muncul wanah penyakit baru
  1. Cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengimbangi pertambahan jumlah penduduk

  2. Penambahan dan penciptaan lapangan kerja dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat maka diharapkan hilangnya kepercayaan banyak anak banyak rejeki. Di samping itu pula diharapkan akan meningkatkan tingkat pendidikan yang akan merubah pola pikir dalam bidang kependudukan.
  3. Meningkatkan kesadaran dan pendidikan kependudukan. Dengan semakin sadar akan dampak dan efek dari laju pertumbuhan yang tidak terkontrol, maka diharapkan masyarakat umum secara sukarela turut mensukseskan gerakan keluarga berencana.
  4. Mengurangi kepadatan penduduk dengan program transmigrasi. Dengan menyebar penduduk pada daerah-daerah yang memiliki kepadatan penduduk rendah diharapkan mampu menekan laju pengangguran akibat tidak sepadan antara jumlah penduduk dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia.
  5. Meningkatkan produksi dan pencarian sumber makanan. Hal ini untuk mengimbangi jangan sampai persediaan bahan pangan tidak diikuti dengan laju pertumbuhan. Setiap daerah diharapkan mengusahakan swasembada pangan agar tidak ketergantungan dengan daerah lainnya.

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menekan pesatnya pertumbuhan penduduk adalah dengan cara sebagai berikut  :

  1. Menggalakkan program KB atau Keluarga Berencana untuk membatasi jumlah anak dalam suatu keluarga secara umum dan masal, sehingga akan mengurangi jumlah angka kelahiran.
  2. Menunda masa perkawinan agar dapat mengurangi jumlah angka kelahiran yang tinggi.

Berbicara tentang pertumbuhan penduduk hal itu memicu dampak dalam data khususnya untuk masyarakat, bagaimana tidak dengan adanya angka penduduk yang membeludak membuat penduduk masyarakat kurang terperdulikan pemerintah, memang pada dasarnya dengan adanya perubahan data penduduk itu pasti ada dua dampak yaitu positif dan negative.

Dampak Positif perubahan data adalah Adanya pengakuan dari Negara karena dengan adanya perubahan data individupun akan mendapakan pengakuan dari wilayah atau Negara tersebut. Selanjutnya adalah dampak negative, dampak negative dari perubahan data tersebut salah satunya adalah sering tidak adanya

 

https://promo-honda.id/truck-evolution-apk/